Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alternatif Aplikasi pesan Selain WhatsApp yang Bisa Kamu Gunakan

Kompas.com - 10/10/2021, 15:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Belum lama ini aplikasi pesan WhatsApp mengalami down, tepatnya pada Senin (4/10/2021). Akibatnya, aplikasi yang berada satu grup dengan Facebook ini mengalami gangguan secara global.

Gangguan yang terjadi pada WhatsApp ini langsung menjadi kehebohan. Wajar saja mengingat pengguna aplikasi WhatsApp terbilang sangat banyak.

Bahkan jika ditotal dengan Facebook dan Instagram, pengguna ketiga layanan milik Facebook Inc itu mencapai 6,23 miliar pengguna, berdasarkan data statista per September 2021.

Karena itu, untuk mengantisipasi apabila WhatsApp error lagi, setidaknya kamu perlu alternatif aplikasi pesan lainnya agar komunikasi tidak terhambat.

Baca juga: WhatsApp Sempat Error, Ini 5 Aplikasi Chat yang Bisa Jadi Alternatif

Berikut ini adalah aplikasi pesan selain WhatsApp yang bisa kamu gunakan:

1. Telegram

ilustrasi aplikasi TelegramSocial Media Today ilustrasi aplikasi Telegram

Aplikasi pesan yang pertama ada Telegram. Aplikasi yang satu ini sudah lama kerap disebut-sebut sebagai alternatif aplikasi pesan selain WhatsApp.

Sejak diluncurkan pada 2013 silam, pengguna aplikasi besutan Pavel Durov, pengusaha asal Rusia, ini terus meningkat. Saat ini, pengguna aktif Telegram diklaim sudah mencapai 500 juta pengguna.

Telegram memiliki fitur yang tak jauh berbeda dengan WhatsApp seperti fitur mengirim pesan, membuat percakapan grup, menelpon, mengirim file dan gambar, dan dilengkapi dengan stiker.

Namun salah satu hal yang diunggulkan oleh Telegram adalah fitur privasi pengguna, yang memastikan data pengguna di enkripsi oleh pihaknya, untuk menghindari dari peretasan baik dari pihak peretas perorangan hingga pemerintahan.

2. Line

Aplikasi Line (Ilustrasi)NHN Aplikasi Line (Ilustrasi)

Seperti WhatsApp, Line juga sudah populer dan banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi ini pertama kali rilis di Tokyo, Jepang pada 2011 lalu.

Fitur yang dimiliki antara lain mengirim pesan teks, gambar, video, dan suara. Line juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, Line juga melakukan beberapa peningkatan di fitur-fiturnya. Misalnya seperti menghapus pesan yang sudah terkirim, fitur membalas pesan seperti WhatsApp, hingga dilengkapi fitur video call hingga 500 orang.

Salah satu daya tarik dari Line adalah penggunaan stickernya yang bervariasi. Fitur ini yang kemudian diterapkan pada WhatsApp.

Baca juga: Persiapan kalau Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Lagi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com