Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Burung Lyrebird, Hewan yang Bisa Tirukan Suara Tangisan Bayi

Kompas.com - 02/10/2021, 11:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Burung Lyrebird belum lama ini menghebohkan jagat maya karena bisa menirukan suara tangis bayi.

Melalui video yang dibagikan di media sosial Twitter itu, burung Lyrebird yang tinggal di kebun binatang Taronga Sydney, Australia, menirukan suara tangisan bayi dengan sangat mirip.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (6/9/2021), burung yang diberi nama Echo itu berhasil menirukan suara tangisan bayi yang menjerit.

Dilansir dari The Guardian melalui KOMPAS.com, pengawas unit burung di Kebun Binatang Taronga, Leanne Golebiowski mengatakan bahwa Echo pertama kali mulai meniru tangisan bayi pada tahun lalu.

“Di kebun binatang ada begitu banyak suara yang akan didengar burung Lyrebird. Oleh karena itu, pasti mereka akan menirukan beberapa suara itu," kata Golebiowski.

Baca juga: 3 Cara Membuat Burung Lovebird Gacor dan Ngekek Panjang

"Saya berasumsi, Echo menirukan suara bayi dari tamu yang berkunjung ke kebun binatang," imbuhnya.

Selain tangisan bayi, Echo juga sering menirukan suara bor listrik dan alarm kebakaran di kebun binatang.

"Dia bahkan bisa melakukan pengumuman 'evakuasi sekarang'," ungkap Golebiowski.

Dilansir dari IFL Science melalui KOMPAS.com, burung yang berasal dari Australia timur dan tengah ini memang dikenal mempunyai bakat inpresionis dan salah satu contoh mimikri terbesar.

Mimikri adalah proses evolusi yang terjadi pada suatu spesies untuk menjadi sama dengan spesies lainnya. Biasanya, mimikri adalah salah satu cara untuk menghindari bahaya, terutama saat berhadapan dengan predator.

Burung Lyrebird biasanya mempelajari suara hewan atau suara lainnya dari burung Lyrebird yang lebih tua, bukan menirukan langsung dari hewan yang ditirukan.

Sementara itu, burung Lyrebird yang tinggal di penangkaran mampu menirukan suara antropogenik (suara dari aktivitas manusia), termasuk suara gergaji mesin.

Baca juga: Ribuan Burung Pipit Mendadak Mati hingga Ikan Berlompatan di Pinggir Pantai, Ada Apa?

Seekor burung Lyrebird terkenal bernama Chook disebut mampu menirukan suara alat listrik saat di tempat tinggalnya, di kebun binatang Adelaide, ada proyek pembangunan kandang untuk panda baru.

Fakta unik burung Lyrebird

Burung Lyrebird jantan dan betina mampu menirukan beragam suara. Bedanya, burung Lyrebird jantan cenderung lebih vokal, terutama selama musim kawin, dibandingkan burung Lyrebird betina.

Suara yang ditirukan oleh burung Lyrebird diyakini berguna untuk mencari pasangan. Akan tetapi, kemampuan mimikrinya itu mungkin memiliki lebih banyak tujuan yang belum dipahami.

Selain mampu melakukan impresi yang menakjubkan, burung Lyrebird juga memiliki suara alami yang terdiri dari serangkaian suara deru, klik, dan gerinda.

Menurut Golebiowski, burung Lyrebird akan melatih suara barunya sebelum memutuskan akan menambahkannya ke repertoar regulernya atau tidak.

(Editor: Gloria Setyvani Putri)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com