Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Putri Deli Tabrak Truk di Perbaungan, Masinis dan Asisten Masinis Terjepit Lokomotif Ringsek

Kompas.com - 20/03/2024, 06:15 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta api (KA) Putri Deli mengalami kecelakaan dengan menabrak sebuah truk di pelintasan sebidang di Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Video tabrakan KA Putri Deli dan truk di Perbaungan itu pun viral di media sosial X, salah satunya diunggah oleh akun @sahabat_kereta pada Selasa (19/3/2/2024) malam.

Pengunggah mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Selasa pukul 20.30 WIB.

Dalam video, tampak sebuah truk berwarna biru berhenti di pelintasan sebidang yang kemudian dihantam oleh KA Putri Deli dari sebelah kanan truk.

Info Gangguan Lintas 19 Maret 2024 pk 20.30 KA Putri Deli U76 rute Medan - Tanjungbalai ditabrak truk di perlintasan No. 31 Jalan Lintas Sumatra Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara,” bunyi keterangan dalam unggahan.

Baca juga: Alasan Mengapa Kereta Api Tidak Bisa Berhenti Mendadak

Penjelasan KAI

Manajer Humas PT KAI Divisi Regional Divre 1 Sumatera Utara Anwar Solikhin membenarkan peristiwa KA Putri Deli tabrak truk tersebut.

Ia mengungkapkan, peristiwa yang menimpa KA Putri Deli (U76A) relasi Medan-Tanjung Balai terjadi pada Selasa (19/3/2024) pukul 20.24 WIB.

Adapun peristiwa itu, kata dia, terjadi di pelintasan terjaga (JPL) nomor 31 petak jalan antara Stasiun Perbaungan-Stasiun Lidah Tanah, Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

“Berdasarkan keterangan petugas, pada saat KA akan melintas di pelintasan, mobil truk bermuatan pelet dengan Nopol BK 9223 YQ menerobos palang pintu perlintasan yang sudah tertutup dan mengalami mogok di tengah jalur KA sehingga terjadi temperan,” ujar Anwar, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/3/2024).

Baca juga: Ramai soal Waktu Tunggu Antre Beli Tiket Kereta Bertambah, Ini Kata KAI

Masinis dan asisten masinis terjepit lokomotif yang ringsek

Akibat kejadian itu, bagian depan dari lokomotif KA Putri Deli mengalami ringsek yang cukup parah.

Selain itu, masinis dan asisten masinis sempat terjepit sehingga mengalami luka-luka.

Namun, saat ini keduanya sudah dibawa ke Rumah Sakit (RS) Sultan Sulaiman Rampah untuk menjalani pengobatan.

Proses evakuasi masinis KA Putri Deli karena terjepit di lokomotif yang ringsek akibat bertabrakan dengan truk di Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara pada Selasa (19/3/2024) 20.24 WIB.Dok. PT KAI Divre 1 Sumatera Utara Proses evakuasi masinis KA Putri Deli karena terjepit di lokomotif yang ringsek akibat bertabrakan dengan truk di Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara pada Selasa (19/3/2024) 20.24 WIB.
“Sementara itu seluruh penumpang KA Putri Deli yang berjumlah 317 orang dalam kondisi selamat,” ucap Anwar.

“PT KAI Divre I Sumatera Utara menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan KA atas ketidaknyamanan dan keterlambatan yang ditimbulkan akibat temperan truk dengan KA Putri Deli,” sambungnya.

Baca juga: Bolehkah Membeli Dua Tiket KA dengan Satu Kursi Digunakan Meletakkan Koper?

KA tidak dapat melanjutkan perjalanan

Kejadian itu membuat KA Putri Deli tidak dapat melanjutkan perjalanan karena kerusakan lokomotif dan kondisi truk masih berada di jalur KA.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com