Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Ajudan Jokowi Dikabarkan Jadi Kandidat Kuat KSAU Pengganti Fadjar Prasetyo

Kompas.com - 14/03/2024, 10:30 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsdya M Tonny Harjono digadang-gadang masuk bursa bakal calon Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies Khairul Fahmi menyebutkan, Tonny menjadi salah satu kandidat kuat pengganti KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo yang akan purnatugas pada Selasa (9/4/2024).

Menurutnya, salah satu alasan Tonny berpeluang menjadi KSAU adalah masa aktifnya sebagai perwira tinggi masih panjang, yaitu hingga Oktober 2029.

Selain itu, Tonny merupakan bintang tiga termuda, penerbang tempur, dan alumnus Akademi Angkatan Udara (AAU) 1993.

"Dikabarkan sangat dekat dengan Presiden Joko Widodo, mulai dari ajudan presiden, Danlanud Adi Soemarmo Solo, Danlanud Halim, hingga Sekretaris Militer Presiden," ujar Fahmi, dikutip dari Kompas.com, Selasa (12/3/2024).

Baca juga: TNI-Polri Bisa Isi Jabatan ASN, Menpan-RB: Kita Akan Mendapat Talenta Terbaik

Profil M Tonny Harjono

Sosok Tonny yang disebut sebagai salah satu kandidat kuat KSAU saat ini juga menduduki jabatan sebagai komisaris maskapai penerbangan, Pelita Air.

Dilansir dari laman Pelita Air, pria kelahiran 4 Oktober 1971 ini diangkat menjadi Komisaris PT Pelita Air Service berdasarkan Keputusan RUPS Sirkuler tentang Pengangkatan dan Pengalihan Tugas Dewan Komisaris tanggal 5 Mei 2021.

Tonny Harjono menyelesaikan Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (SEKKAU) pada 2002 serta Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (SESKOAU) pada 2008.

Selama berkarier di militer, Tonny mendapatkan delapan penghargaan, seperti Satyalancana Wira Nusa dan Satyalancana Wira Siaga.

Sementara itu, berdasarkan catatan Kompas.com (7/11/2022), Tonny juga pernah mengemban jabatan sebagai Sekretaris Militer Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2014-2016.

Tonny kemudian mendapat promosi menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Udara (Kodiklatau) pada 2022.

Selanjutnya, ia ditunjuk menjadi Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) di tahun yang sama.

Baca juga: Rincian Gaji PNS, PPPK, TNI, dan Polisi yang Naik 8 Persen, Dibayarkan mulai 1 Maret 2024

Harta kekayaan M Tonny Harjono

Merujuk pada laman elhkpn.kpk.go.id, Tonny memiliki harta kekayaan sebesar 11.290.032.382 berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyekenggara Negara (LHKPN) 2022.

Harta kekayaan M Tonny Harjono terdiri dari empat tanah dan bangunan dengan total Rp 8.350.000.000 yang berada di beberapa lokasi di Bekasi, Jawa Barat.

Selain itu, ia juga memiliki delapan mobil, seperti Toyota Land Cruiser, Land Rover MB, Mercedes-Benz 300SEL, BMW 520i, dan Mercedes-Benz 300G yang nilainya mencapai Rp 2.095.000.000.

Dalam LHKPN-nya, Tonny juga melaporkan kas dan setara kas senilai Rp 845.032.382.

Baca juga: Karier Militer Prabowo Subianto, Pernah Diberhentikan dari TNI, Kini Terima Kenaikan Pangkat Istimewa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com