Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sahur atau Berbuka, Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi Saat Puasa Ramadhan?

Kompas.com - 13/03/2024, 17:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum kopi saat sahur dan berbuka selama bulan Ramadhan menuai pro dan kontra di antara.

Beberapa orang menganggap bahwa kopi tidak dianjurkan untuk dinikmati selama bulan Ramadhan lantaran dapat mengganggu kinerja tubuh.

Pasalnya, bila diminum saat sahur, kopi dapat menyebabkan dehidrasi. Sedangkan bila diminum saat berbuka, kopi dapat mengganggu waktu tidur di malam hari.

Lantas, benarkah kopi tak boleh untuk diminum saat sahur ataupun berbuka?

Baca juga: Studi: Pakai Gula atau Tanpa Gula, Kopi Bermanfaat Memperpanjang Umur

Bolehkah minum kopi saat sahur atau berbuka?

Dokter gizi komunitas dari Dr Tan & Remanlay Institute, Tan Shot Yen tidak merekomendasikan seseorang untuk minum kopi selama bulan Ramadhan.

Hal ini lantaran kopi memiliki sifat diuretik yang dapat memicu dehidrasi apabila diminum saat sahur.

Untuk diketahui, diuretik adalah obat yang dapat meningkatkan produksi urine yang pada akhirnya memicu rasa buang air kecil berlebih.

Apabila kondisi ini berlanjut, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Sedangkan saat puasa, seseorang tidak bisa mencukupi cairannya sebelum waktu berbuka.

"Hindari kopi. Sebab kopi diuretik, bikin buang air kecil lebih sering dan bisa menimbulkan risiko dehidrasi," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (12/3/2024).

Sementara itu, apabila kopi diminum saat berbuka puasa, maka dapat memberikan efek samping terjaga di malam hari.

Pada akhirnya, kondisi ini juga tak baik untuk kesehatan karena bisa memicu insomnia atau sulit untuk tidur di malam hari.

Baca juga: Studi Ungkap Menghirup Aroma Kopi Bisa Memberikan Manfaat Kesehatan

Waktu terbaik minum kopi saat puasa Ramadhan

Ilustrasi apakah boleh minum kopi ketika sahur?Shutterstock/wavebreakmedia Ilustrasi apakah boleh minum kopi ketika sahur?
Meski demikian, bila Anda tetap ingin minum kopi di bulan Ramadhan, berikut ada beberapa waktu yang disarankan:

1. Minumlah dua jam setelah berbuka

Dikutip dari Kontan, hindari minum kopi saat berbuka puasa. Ini karena kafein dapat memicu keluarnya cairan lambung saat perut masih kosong, sehingga bisa melukai lapisan lambung.

Anda bisa mulai meminum kopi dua jam setelah berbuka puasa. Ini memberi waktu bagi tubuh Anda untuk mencerna makanan dan menyesuaikan kadar gula darah. 

2. Perbanyak minum air putih

Saat sahur, Anda bisa minum kopi bersama dengan makanan sahur yang seimbang. Ini akan membantu Anda tetap waspada sepanjang hari selama berpuasa.

Kendati demikian, Anda tetap perlu minum banyak air putih saat sahur. Hal ini bertujuan agar tubuh tak mengalami dehidrasi.

Seperti yang disebutkan di atas, kopi bersifat diuretik, yang berarti dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dan dehidrasi.

3. Batasi asupan kopi dan pilihlah kopi tanpa kafein

Selanjutnya, Anda perlu membatasi asupan kopi Anda, baik saat sahur ataupun saat berbuka puasa.

Kemudian, bila Anda ingin minum kopi di malam hari, pilihlah kopi decaf (tanpa kafein) sebelum tidur. Kopi decaf tetap mengandung antioksidan bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com