Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marcus Fernaldi Gideon Pensiun sebagai Atlet Bulu Tangkis di Usia 33 Tahun, Ini Tanggapan PBSI

Kompas.com - 09/03/2024, 15:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan yang menyatakan pebulu tangkis Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon pensiun dari turnamen bulu tangkis internasional, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dimuat di akun Instagram @badmintalk_com, Sabtu (9/3/2024).

"BREAKING. Marcus Fernaldi Gideon of Indonesia announced retirement from international badminton (Marcus Fernaldi Gideon dari Indonesia mengumumkan pensiun dari bulutangkis internasional)," tulis unggahan. 

Diketahui, Marcus adalah atlet Pelatnas PBSI untuk nomor ganda putra bersama dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo sebelum akhirnya pisah pada pertengahan Juni 2023.

Saat itu, Marcus mengalami masalah pada kakinya dan mengharuskannya untuk melakukan operasi.

Baca juga: Jadi ASN, Pemain Bulu Tangkis Marcus Fernaldi Gideon Berpose Dua Jari Bersama TKN Prabowo-Gibran

Marcus unggah pernyataan pensiun 

Sementara itu, informasi terkait dengan pensiunnya atlet yang dijuluki "The Minions" itu juga diumumkan langsung melalui akun Instagram pribadinya @marcusfernaldig, pada Sabtu (9/3/2024).

Dalam unggahannya, Marcus memutuskan untuk pensiun dari dunia bulu tangkis internasional, tepat pada hari ulang tahun ke-33 pada 9 Maret 2024.

"Thank You God for these 33 years! Pada hari ini tepat di usia 33 tahun saya memutuskan untuk berhenti dari karier profesional badminton. Tidak terasa sudah 25 tahun tidak henti-hentinya saya berlatih dan bersaing di lapangan. Saya mengucap syukur kepada Tuhan Yesus yang sudah berkarya dalam hidup saya. Tanpa-Nya saya mungkin tidak ada seperti sekarang ini," tulis Marcus.

"Semasa saya kecil bahkan guru saya pun mengganggap saya “madesu” atau masa depan suram, dianggap sebelah mata karena postur tubuh yang tidak tinggi dan bahkan prestasi saya boleh dikatakan 'biasa' saja jika dibandingkan dengan kawan-kawan lain. Saya sadar saya ada sampai sekarang ini hanya karena kemurahan Tuhan saja," tambahnya.

Selain itu, Marcus juga mengucapkan terima kasih kepada partnernya untuk nomor ganda putra Indonesia seperti Markis Kido dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, serta untuk para pelatih di pelatnas bulu tangkis PBSI.

"Dalam hidup ini tidak ada yang saya sesali, apa yang sudah saya raih sekarang ini bahkan sudah melebihi apa yang pernah saya impikan. Oleh sebab itu saya menutup karier saya dalam dunia badminton dengan hati yang puas dan rasa bersyukur. Tidak lupa saya juga berterima kasih untuk para supporter yang telah mendukung saya selama ini," ungkap Marcus.

"Saya dulu pernah berkata kepada istri saya saat kami masih pacaran 'saya ingin jadi world no.1' karena pada saat itu tampaknya menjadi ranking satu adalah sesuatu yang sulit sekali untuk digapai, tapi Tuhan memberikan bahkan lebih dari yang saya bayangkan. Oleh sebab itu, saya menutup karier saya dalam dunia badminton dengan hati yang puas dan rasa bersyukur," pungkasnya

Lantas, benarkah kabar tersebut dan bagaimana tanggapan PBSI?

Baca juga: Aktor Pengisi Suara Batman Kevin Conroy Meninggal Dunia, Apa Penyebabnya?

PBSI belum terima pernyataan pensiun Marcus

Saat dikonfirmasi, Ketua Harian Pengurus Pusat (PP) PBSI, Alex Tirta mengatakan saat ini pihaknya belum menerima keputusan pensiun dari Marcus, baik itu secara lisan maupun tertulis.

"PP PBSI mendapat kabar dari media sosial bahwa Marcus Fernaldi Gideon memutuskan pensiun sebagai atlet bulu tangkis profesional. Namun PP PBSI belum menerima keputusan itu secara resmi dari Marcus Fernaldi Gideon dalam bentuk lisan ataupun tertulis," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (9/3/2024).

Kendati demikian, Alex mengatakan bahwa pihaknya akan menghormati apapun keputusan yang diambil Marcus.

"Apabila kabar itu benar, PP PBSI sangat menghormati keputusan Marcus Fernaldi Gideon ini. Prestasi dan dedikasi Marcus Fernaldi Gideon untuk kejayaan prestasi bulu tangkis Indonesia sudah tidak diragukan lagi," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, saat ini PP PBSI masih menunggu komunikasi lebih lanjut dari Marcus Fernaldi Gideon untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya.

Baca juga: Respons Kemenpan-RB soal Pose Dua Jari Marcus Gideon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com