Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Pepaya California untuk Kesehatan, Baik untuk Pencernaan

Kompas.com - 25/02/2024, 06:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di balik cita rasanya yang manis, ternyata ada sederet manfaat pepaya california yang sayang untuk dilewatkan. 

Untuk diketahui, pepaya california termasuk salah satu buah yang populer di Indonesia. Meski memiliki embel-embel nama dari negara asing, buah ini asli dari dalam negeri.

Dikutip dari situs Science Techno Park (STP) Institut Pertanian Bogor (IPB), pepaya california bernama asli pepaya calina. Varietas ini hasil perkembangan dari peneliti IPB.

Pepaya california memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan pepaya biasa. Buah ini punya sejumlah keunggulan seperti rasa manis, daging tebal dan lembut, tidak lembek, warna merah, dan tidak mengeluarkan aroma tajam khas pepaya. 

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kandungan pepaya yang baik untuk kesehatan di antaranya karoten, kalsium, kalium, karbohidrat, serat, fosfor, natrium, dan zat besi.

Simak beberapa manfaat pepaya california bagi kesehatan tubuh manusia lewat artikel berikut.

Baca juga: Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Setelah Makan Pepaya


Baca juga: 7 Manfaat Konsumsi Satu Sendok Madu Setiap Hari, Cegah Kanker dan Penuaan

Manfaat pepaya california

Beberapa penelitian menunjukkan sejumlah potensi manfaat pepaya california untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menjaga kesehatan gigi

Dilansir dari laman Universitas Sam Ratulangi Manado, terdapat penelitian yang menunjukkan potensi konsumsi buah pepaya california bisa membantu menjaga kesehatan gigi.

Anak usia 8-10 tahun yang rutin makan buah pepaya california mengalami penurunkan indeks debris. Indeks debris adalah nilai hasil pemeriksaan endapan lunak di permukaan gigi, seperti plak.

Manfaat ini didapat karena pepaya california merupakan jenis buah berserat. Kandungan serat dan airnya menjadi pembersih alami serta menyingkirkan sisa makanan dan gula dari gigi. 

Proses mengunyah makanan berserat juga meningkatkan produksi saliva. Proses ini mengurangi pembentukan plak gigi dan karies.

2. Melindungi kesehatan jantung

Dikutip dari situs Alumniipbpedia, pepaya kaya akan antioksidan yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh penyebab penyakit jantung.

Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan likopen yang dimilikinya juga menjadi pelindung alami bagi jantung.

Kandungan vitamin C dan likopen di pepaya juga membuat buah ini menjadi salah satu makanan yang baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Baca juga: Potensi Manfaat Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

3. Mencegah efek buruk paparan cahaya matahari

Pepaya juga mengandung antioksidan bernama likopen. Tak hanya melindungi jantung, zat tersebut juga bisa mencegah kerusakan sel kulit dan kulit kemerahaman akibat paparan sinar matahari.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com