Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asteroid 16 Psyche Bernilai 100.000 Kuadriliun Dollar AS, Mungkinkah Manusia Menambangnya?

Kompas.com - 19/02/2024, 20:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.comNASA telah meluncurkan misi ke 16 Psyche, yakni sebuah asteroid besar yang kaya akan logam dan berjarak sekitar enam tahun dari Bumi, pada 13 Oktober 2023.

Misi tersebut bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana interior planet tersebut terbentuk, dikutip dari BBC (14/10/2023).

Asteroid 16 Psyche pertama kali ditemukan pada 1852 dan merupakan asteroid ke-16 yang ditemukan.

Psyche merupakan bongkahan batu luar angkasa raksasa dan unik yang berukuran lebar sekitar 140 mil (226 km).

NASA yakin bahwa inti asteroid tersebut mengandung emas dan jenis besi serta nikel yang bisa digunakan untuk industri mobil dan elektronik, seperti platinum dan palladium,  senilai 100.000 kuadriliun dollar AS. 

Karena inilah, para ahli menganggap asteroid Psyche yang juga disebut sebagai Golden Asteroid sangat istimewa, tidak seperti asteroid lain yang biasanya terdiri dari batu dan es.

Mereka percaya Psyche bisa menjadi inti dari sebuah planet awal, yang lapisan luarnya telah terkelupas.

Lantas, adakah kemungkinan manusia bisa menambangnya dan menuai harta kosmiknya?

Baca juga: Harta Karun Berusia 3.000 Tahun yang Ditemukan di Spanyol Ternyata Tak Berasal dari Bumi


Mungkinkah menambang asteroid 16 Psyche?

Dilansir dari Live Science, Jumat (16/2/2024), seorang fisikawan planet di University of Central Florida, Philip Metzger mengatakan bahwa secara teknologi, manusia bisa menambang Golden Asteroid.

Satu-satunya perbedaan antara penambangan di asteroid dan di Bumi adalah kebutuhan akan peralatan yang mampu bertahan dalam kondisi gravitasi rendah dan radiasi tinggi.

Peralatan tersebut juga harus dapat berfungsi secara mandiri dan diperlukan waktu 20 menit atau lebih agar gelombang radio yang berisi instruksi dapat mencapai asteroid, terutama jika asteroid tersebut berada di sisi lain Matahari.

"Semua teknologi tersebut telah dikembangkan dan diuji di laboratorium, namun belum siap untuk diterapkan," kata Metzger.

Pada skala Tingkat Kesiapan Teknologi NASA yang berkisar antara 1 hingga 9, peralatan yang mereka miliki saat ini untuk penambangan luar angkasa berada di antara angka 3 dan 5.

“Teknologinya perlu maju, sekitar 6-7, sebelum kita siap untuk mulai membangun misi penerbangan. Yang kurang saat ini adalah pendanaan,” kata Metzger.

Ia mengatakan, apabila seluruh dana digunakan sekarang, kita mungkin akan melihat penambangan asteroid skala kecil dalam lima tahun.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com