Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebetulnya Kebetulan Betul Ada

Kompas.com - 03/02/2024, 22:15 WIB
Jaya Suprana,
Sandro Gatra

Tim Redaksi

MENURUT Kamus Besar Bahasa Indonesia, makna kata kebetulan adalah: 1 n tidak dengan sengaja terjadi (bertemu, tertangkap, dan sebagainya): kemarin, secara kebetukan kami bertemu dengan dia; penjahat yang sudah lama dicari itu tertangkap dengan cara kebetulan saja; 2 adv tepat atau kena benar (dengan tidak sengaja): ketika kebakaran itu terjadi, kebetulan ia ada di rumahnya; tendangannya kebetulan mengenai dada musuhnya; 3 n keadaan yang terjadi secara tidak terduga.

Sebetulnya saya masih bimbang terombang-ambing antara percaya dan tidak percaya apa yang disebut sebagai kebetulan betul ada, sampai pada suatu saat kebetulan saya menemukan fakta bahwa Stephen Hawking wafat pada 14 Maret 2018, sementara Albert Einstein lahir pada tanggal 14 Maret 1879.

Memang benar bahwa tahun 2018 beda dan tahun 1879, beda 61 tahun, namun kebetulan 14 Maret sama dengan 14 Maret .

Juga kebetulan Stephen Hawking dan Albert Einstein sama-sama fisikawan yang dielu-elukan sebagai ilmuwan terpopuler di planet bumi, meski kebetulan Einstein telah memperoleh anugerah Nobel, sementara Hawking belum pernah.

Kebetulan jika dibandingkan dengan Albert Einstein dan Stephen Hawking ternyata faktor kebetulan jauh lebih banyak hadir pada Abraham Lincoln dan John Kennedy .

Kebetulan Lincoln dan Kennedy sama-sama terpilih secara demokratis untuk menjadi Presiden Amerika Serikat.

Kebetulan nama keluarga Lincoln dan Kennedy sama-sama terdiri dari tujuh kata. Kebetulan Lincoln dilantik menjadi anggota kongres pada tahun 1846 dan presiden AS pada tahun 1861, sementara Kennedy dilantik menjadi anggota kongres pada tahun 1946 dan Presiden AS pada tahun 1961. Berarti masing-masing beda tepat 100 tahun.

Kebetulan Lincoln dan Kennedy wafat akibat ditembak pada bagian kepala pada hari Jumat. Kebetulan Lincoln ditembak ketika berada di dalam "Teater Ford", sementara Kennedy berada di dalam mobil bermerek Ford.

Kebetulan pembunuh Lincoln melarikan diri ke luar dari gedung teater, sementara pembunuh Kennedy melarikan diri ke dalam gedung bioskop.

Kebetulan pembunuh Lincoln bernama John Wilkes Booth, sementara pembunuh Kennedy bernama Lee Harvey Oswald, yang jumlah katanya kebetulan sama-sama 15 dan keduanya kebetulan terbunuh sebelum diadili.

Kebetulan Lincoln dan Kennedy digantikan oleh wakil presiden masing-masing yang kebetulan keduanya bernama Johnson.

Berdasar rangkaian data serba kebetulan tersebut, maka untuk sementara ini saya mengambil keputusan untuk percaya bahwa sebetulnya apa yang disebut sebagai kebetulan itu memang betul ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com