Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Bahaya Minuman Soda bagi Kesehatan

Kompas.com - 02/02/2024, 12:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minuman bersoda banyak digemari, berkat rasanya yang manis, menyegarkan, dan adanya sensasi menggelitik di lidah.

Namun bagi yang sering minum minuman bersoda perlu waspada. Sebab sering mengonsumsi minuman ini berpotensi menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Dikutip dari Kompas.com (7/12/2023), sekaleng minuman bersoda mengandung 155 kalori, 38 gram karbohidrat, 37 gram gula, dan 34 miligram kafein.

Padahal, American Heart Association merekomendasikan konsumsi gula perlu dibatasi maksimal 25 gram per hari untuk perempuan dan 36 gram per hari untuk laki-laki.

Lalu, apa bahaya konsumsi minuman soda?

Baca juga: Perlu Tahu, Ini yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Soda Setiap Hari


Bahaya minuman bersoda

Berikut sejumlah bahaya yang berpotensi dialami orang yang rutin mengonsumsi minuman bersoda.

1. Gangguan pencernaan

Minuman soda dapat berpotensi menimbulkan gangguan pencernaan di tubuh manusia. Ini karena kandungan gula dan karbonasi dalam minuman soda menimbulkan gas yang menyebabkan perut kembung.

Minum soda setiap hari juga sering menyebabkan sakit perut, diare, atau sembelit. Ini terjadi karena gula dalam minuman tadi menjadi makanan bagi bakteri jahat yang merusak lapisan usus.

Dikutip dari Kompas.com (14/10/2023), kandungan gula tersebut dapat mendorong pertumbuhan berlebih bakteri dan jamur berbahaya di usus. Hal tersebut dapat menimbulkan perubahan mikroorganisme dalam usus.

Soda tidak secara langsung merusak lapisan lambung. Namun, minuman ini bisa menimbulkan iritasi di lambung yang memperparah kondisi orang dengan masalah pencernaan seperti penderita maag, GERD, dan sejenisnya.

2. Masalah di mulut

Selain gangguan pencernaan, minum soda dapat menyebabkan kerusakan gigi dan kesehatan mulut yang buruk. Soda juga berdampak pada kebersihan mulut di air liur dan gusi.

Kandungan asam dan gula yang tinggi di soda akan diubah menjadi asam laktat oleh plak. Ini menumbuhkan mikroba yang berpotensi menimbulkan pembusukan gigi.

Minuman tersebut juga menurunkan produksi air liur. Padahal, air liur bertugas menetralkan asam serta membersihkan partikel makanan dan bakteri di mulut. Tanpa air liur yang cukup, mulut lebih sulit melawan bakteri berbahaya.

Selain itu, gula dan asam dari soda dapat mengiritasi dan membuat peradangan di gusi. Akibatnya, gusi akan membengkak, berdarah, bahkan terkena resesi gusi.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com