Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Disebut Beri Layanan Mencicil Uang Kuliah Pakai Pinjol, Ini Penjelasan Pihak Kampus

Kompas.com - 26/01/2024, 13:30 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial X diramaikan dengan unggahan bernarasi Institut Teknologi Bandung (ITB) memberi layanan bagi mahasiswa untuk mencicil biaya kuliah melalui pinjaman online (pinjol).

Hal tersebut diperbincangkan warganet setelah diunggah oleh akun @itbfess pada Kamis (25/1/2024).

Dalam brosur yang diunggah warganet, tampak pinjol yang bekerja sama dengan ITB menyebut pihaknya sebagai mitra resmi kampus ini.

Pinjol tersebut memberikan pilihan bagi mahasiswa untuk mencicil pelunasan pinjaman selama 6-12 bulan.

"Proses pengajuan tanpa DP dan tanpa jaminan apapun," bunyi salah satu poin penawaran dalam brosur itu.

Baca juga: Biaya Kuliah di ITB untuk Jalur SNBP 2024


Penjelasan ITB

Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB Naomi Haswanto buka suara soal beredarnya narasi di media sosial yang menyebutkan ITB memberi layanan bagi mahasiswa untuk mencicil uang kuliah melalui pinjol.

Naomi mengatakan, ITB bekerja sama dengan sebuah lembaga keuangan bukan bank (LKBB) yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"LKBB yang dimaksud ini khusus bergerak di bidang pendidikan. Selain ITB terdapat banyak PTN/PTS yang bekerja sama dengan LKBB yang dimaksud," jelas Naomi kepada Kompas.com, Jumat (26/1/2024).

Ia menjelaskan, ITB sudah bekerja sama dengan LKBB sejak Agustus 2023 dan sudah ada banyak perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) yang bermitra dengan lembaga ini.

"Kerja sama ini tentu menguntungkan bagi masyarakat atau mahasiswa, karena terdapat kemudahan dalam membayar uang kuliah," jelas Naomi.

Baca juga: Cara Cek Apakah KTP Dipakai Orang Lain untuk Pinjol

ITB masuki pinjol era?

Beberapa warganet menilai ITB memasuki "pinjol era" setelah kampus ini disebut bekerja sama dengan pinjol.

Terkait kabar tersebut, Naomi menegaskan, banyak orang ingin mendapat akses yang mudah di zaman sekarang, salah satunya ketika bertransaksi di marketplace.

Terkhusus di dunia pendidikan, ITB juga memberikan kemudahan seperti itu dengan membuka banyak pilihan kalau mahasiswa hendak membayar biaya kuliah.

"Bisa via beragam bank, bisa via VA (virtual account), kartu kredit dan financial technology atau inovasi keuangan seperti itu," jelas Naomi.

Ia menambahkan, kerja sama dengan LKBB memungkinkan mahasiswa membayar uang kuliah melalui berbagai bank, melalui VA, dan kartu kredit Master atau Visa.

"Juga menyediakan pilihan LKBB yang akan membantu masyarakat atau mahasiswa yang tidak dapat membayar langsung dengan fasilitas cicilan," tutur Naomi.

Baca juga: OJK Terbitkan Daftar 337 Pinjol Ilegal per 30 Desember 2023, Berikut Rinciannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com