Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Sebaiknya Merendam Beras Sebelum Dimasak, Ini Manfaatnya

Kompas.com - 08/01/2024, 09:30 WIB
Verelladevanka Adryamarthanino ,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merendam beras sebelum dimasak diyakini dapat membuat kualitas nasi menjadi lebih baik dan bergizi. 

Hal itu karena merendam beras sebelum dimasak disebut dapat membantu menyerap kualitas nutrisinya. Kondisi tersebut membuat nasi hasil rendaman beras lebih baik bagi saluran pencernaan, menyerap vitamin, dan mineral dari beras dengan lebih baik. 

Pendapat tersebut diungkapkan Rujuta Diwekar, seorang ahli gizi dan penulis asal India

Menurut Rujuta, beras yang direndam juga lebih cepat matang dan menghasilkan nasi dengan tekstur mekar yang indah, sehingga mempertahankan unsur aromatik pada nasi.

Penyerapan nutrisi

Perendaman berasa sebeum dimasak akan menghilangkan asam fitat, yang mencegah tubuh menyerap nutrisi dalam nasi secara penuh.

Asam fitat adalah zat alami yang ditemukan dalam biji tanaman yang mengganggu penyerapan zat besi, seng, dan kalsium dalam tubuh. Hal ini ditemukan dalam jumlah yang sangat tinggi pada biji-bijian, biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan dan kacang-kacangan.

“Ini menghentikan penyerapan mineral dan merendam beras dalam air menghilangkan asam fitat. Mereka yang kekurangan seng dan zat besi perlu lebih berhati-hati,” kata ahli gizi Shonali Sabherwal

 

Dia menunjukkan bahwa gangguan penyerapan mineral hanya terbatas pada makanan tersebut dan tidak mempengaruhi makanan selanjutnya. Juga tidak menyebabkan gangguan sistemik yang mencegah tubuh menyerap nutrisi dari makanan lain setelah makan.

 

efektif dalam menurunkan kadar asam fitat dan meningkatkan bioaksesibilitas seng dan zat besi dari biji-bijian makanan, termasuk beras. terbukti, yang telah perendaman

Mempercepat proses memasak

Sementara itu, koki khusus makanan India Marina Balakrishnan menjelaskan, biji-bijian dapat benar-benar matang dengan sempurna jika terhidrasi dengan baik setelah direndam.

"Perendaman mempercepat proses memasak, biji-bijian menyerap air dan panasnya melunakkan biji-bijian," jelas Marina dikutip dari Huffpost. 

Lebih lanjut Marina menambahkan bahwa merendam beras juga dapat meningkatkan rasa dari biji-bijian tersebut.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh seorang nutrisionis bernama Jennifer May.

Ia mengatakan, merendam beras sebelum dimasak dapat membantu biji-bijian melunak dan mengembang sehingga nantinya dapat lebih mudah dicerna.

Baca juga: 7 Manfaat Air Rendaman Beras untuk Kesehatan Tubuh

 

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com