Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres 7 Januari 2024

Kompas.com - 29/12/2023, 06:00 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat ketiga Pilpres 2024 pada 7 Januari 2024. 

Pada debat ketiga ini kembali giliran calon presiden (capres) yang akan beradu argumen dan gagasan dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Pihak KPU sebagai penyelenggara debat terus menyempurnakan format debat dengan memperhatikan saran dan masukan dari masyarakat. 

Berikut ini beberapa perubahan dan aturan terbaru terkait debat ketiga Pilpres 2024. 

Baca juga: Cara Cek NIK Terdaftar di KPU sebagai Pemilih pada Pemilu 2024

Tidak keluar podium

Ketiga calon presiden (kanan ke kiri) Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo mengikuti debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum di kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Ketiga calon presiden (kanan ke kiri) Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo mengikuti debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum di kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).
KPU tetap akan menggunakan podium, sama seperti debat capres-cawapres kedua sebelumnya.

Meski begitu, mereka berharap bahwa capres tidak keluar atau meninggalkan podium ketika debat berlangsung.

"Kalau yang debat pertama kan tanpa podium, asumsinya orang punya ruang gerak, lebih leluasa. Kalau podium kan dibatasinya di podium," kata anggota KPU August Mellaz dilansir dari Kompas.com, Kamis (28/12/2023).

Sebelumnya pada debat kedua, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka beberapa kali keluar podium untuk menyampaikan pernyataannya.

Baca juga: Warganet Mempertanyakan Bisakah Capres-Cawapres Dipilih Terpisah, Ini Kata Pakar

Hanya gunakan satu mikrofon

Tiga calon wakil presiden, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD (dari kiri kanan), dalam Debat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024 di Ballroom Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat kedua Pemilu 2024 menyajikan gagasan para calon wakil presiden yang berkontestasi dalam Pemilihan Presiden 2024. Debat kedua ini mengangkat tema Ekonomi (Ekonomi Kerakyatan dan Ekonomi Digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan. 

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO
22-12-2023RONY ARIYANTO NUGROHO/KOMPAS Tiga calon wakil presiden, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD (dari kiri kanan), dalam Debat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024 di Ballroom Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat kedua Pemilu 2024 menyajikan gagasan para calon wakil presiden yang berkontestasi dalam Pemilihan Presiden 2024. Debat kedua ini mengangkat tema Ekonomi (Ekonomi Kerakyatan dan Ekonomi Digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan. KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO 22-12-2023
Selain itu, berbeda dari debat sebelumnya, debat capres-cawapres ketiga ini hanya menggunakan satu mikrofon.

“Mikrofonnya satu saja, jadi (mikrofonnya) tetap di podium. (Mikrofonnya) dipasang di situ. Jadi asumsinya ruang geraknya di podium itu saja," ujar Mellaz.

Sebelumnya penggunaan tiga jenis mikrofon tersebut dimaksudkan sebagai bentuk antisipasi apabila salah satu di antaranya rusak atau malfungsi saat debat berjalan dan disiarkan langsung.

Sehingga, ia mengaku, perlu membicarakan solusi lebih lanjut seandainya insiden tersebut terjadi ketika hanya menggunakan 1 mikrofon di podium.

Baca juga: Apakah Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu 2024 Berpengaruh terhadap Pemilih?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com