Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Kim Keon Hee, Ibu Negara Korsel yang Pukau Rakyat Inggris

Kompas.com - 24/11/2023, 12:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kim Keon Hee, ibu negara Korea Selatan (Korsel), pukau rakyat Inggris dalam kunjungan kenegaraan ke Istana Buckingham, London, belum lama ini.

Hal itu karena sosoknya tampak awet muda dan tetap cantik meski telah berusia 51 tahun.

Bahkan, penampilan Kim tak kalah saat bersanding dengan Kate Middleton dan Blackpink yang berusia jauh lebih muda.

Dilansir dari France 24, Selasa (21/11/2023), Kim Keon Hee bersama suami, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, menghadiri sejumlah agenda penting di Inggris selama tiga hari.

Tiba pada Senin (20/11/2023), tamu kenegaraan ini mendapat sambutan meraih dari Raja Charles III dan Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak.

Mereka melanjutkan makan siang pribadi di Istana Buckingham sebelum kunjungan resmi ke Westminster Abbey, tempat Charles dinobatkan enam bulan lalu.

Lantas, seperti apa sosok Kim Keon Hee?

Baca juga: Profil Kim Keon Hee, Istri Presiden Korea Selatan yang Curi Perhatian Warganet di KTT G20


Profil Kim Keon Hee

Dilansir dari laman Knowinsiders, Kim Keon Hee merupakan istri dari Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, yang lahir di Yangpyeong, Korea Selatan pada 2 September 1972.

Dia menyelesaikan studi di Myungil Girls High School, dan melanjutkan pendidikan untuk meraih gelar sarjana seni dari Universitas Kyonggi, Gyeonggi, Korea Selatan.

Kim juga melanjutkan gelar masternya di bidang pendidikan seni, serta gelar doktor dalam bidang desain konten digital.

Kim adalah seorang pebisnis yang mendirikan sekaligus memimpin sebuah perusahaan pameran seni bernama Covana Contens pada 2007.

"Sejak usia dini, saya tertarik pada seni. Secara alami saya memiliki keinginan untuk memulai bisnis yang dapat menyebarkan nilai seni," kata Kim dalam sebuah wawancara pada 2015, seperti dikutip The Straits Times, Kamis (10/3/2022).

Perusahaannya telah menyelenggarakan sejumlah pameran seni, termasuk pameran nama-nama besar seperti Alberto Giacometti, Marc Chagall, dan Mark Rothko.

Kim menikah dengan Yoon pada Maret 2012. Meski tak ada kisah cinta menyentuh hati atau pertemuan lucu, keduanya sudah saling mengenal sebelum memutuskan untuk menikah.

Dalam sebuah wawancara pada 2018, Kim sempat mengungkap telah mengenal Yoon untuk waktu yang lama.

Setelah seorang kenalan mengatakan keduanya akan menjadi pasangan serasi, mereka pun menikah pada 2012. Saat itu, Kim Keon Hee berusia 40 tahun dan Yoon Suk Yeol menginjak usia 52 tahun.

Baca juga: Fenomena Sologami, Tren Menikahi Diri Sendiri Mulai Marak di Korea Selatan

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com