Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2023, 14:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Havana Brown adalah ras kucing dengan ciri khas bulu berwarna cokelat dan mata berwarna hijau cerah.

Mereka termasuk kucing yang ramah, cerdas, dan suka bermain, sehingga cocok dijadikan peliharaan dan teman bermain di rumah.

Havana Browns adalah satu-satunya ras kucing yang memiliki bulu berwarna coklat dari kepala hingga ekor, dan bahkan kumisnya pun berwarna coklat.

Baca juga: 3 Tanda Kucing Peliharaan Mencintai Anda Menurut Sains

Sejarah singkat ras Havana Brown

Pada akhir abad ke-19 di Inggris. kucing berwarna coklat solid (self-brown) dipamerkan di pameran kucing Inggris dengan berbagai nama, salah satunya Swiss Mountain Cat.

Kucing coklat ini sangat mirip dengan ras kucing Siam, tetapi ia tidak memiliki mata berwarna biru, melainkan mata hijau.

Dilansir dari laman The Spruce Pets, sebuah komunitas kucing Siam di Inggris mengeluarkan dekrit pada tahun 1920 yang menyatakan bahwa ras Siam hanya boleh memiliki mata biru, bukan hijau.

Akibatnya, jenis kucing berwarna coklat pekat itu perlahan menghilang karena tidak begitu diminati dan dikembangbiakkan.

Baca juga: Mengenal Kucing LaPerm, Ras Unik dengan Bulu Keriting yang Khas


Pada tahun 1950-an, beberapa peternak kucing Inggris memutuskan untuk menciptakan kembali kucing coklat yang telah punah tersebut.

Mereka mulai meneliti genetika warna dan melakukan eksperimen pembiakan hingga mereka mengidentifikasi cara menghasilkan kucing berwarna coklat.

Para peternak ini berhasil melahirkan anak kucing jantan berwarna coklat, melalui perkawinan antara kucing Shorthair hitam solid dan kucing Siam bercorak coklat.

Di sisi lain, terjadi perkembangbiakan kucing shorthair hitam pekat dan kucing Siam lainnya yang juga menghasilkan anak kucing jantan berwarna coklat.

Ia kemudian menjadi kucing pertama yang didaftarkan di Inggris sebagai ras Havana Brown. Kucing itu bernama Elmtower Bronze Idol, dianggap sebagai cikal bakal ras Havana Brown.

Baca juga: Alasan Kucing Peliharaan Anda Suka Minum Air dari Keran

Setelah ras ini diakui oleh badan pendaftar kucing Inggris, nama rasnya diubah menjadi kucing Chestnut Brown atau kucing Chestnut Brown Oriental.

Tipe tubuh kucing ini mirip dengan kucing Oriental masa kini. Di luar Amerika Serikat, ras ini dikenal sebagai Havana, yang merupakan kucing Oriental berwarna cokelat kemerahan.

Sementara itu, di Amerika Serikat tahun 50an dan 60an, beberapa peternak kucing juga berfokus pada Havana Brown.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com