Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goa Kucing, "Gerbang Menuju Neraka" di Irlandia, Diklaim Tempat Kelahiran Halloween

Kompas.com - 31/10/2023, 08:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di sebuah padang rumput di County Roscommon, Connacht, Irlandia, tersembunyi Goa Oweynagat atau Goa Kucing yang disebut sebagai tempat kelahiran Halloween.

Populer dengan sebutan "goa menuju neraka", tempat ini dipercaya berfungsi sebagai portal menuju dunia lain yang terbuka setiap tahun pada 31 Oktober.

Dilansir dari laman BBC, Senin (31/10/2022), arkeolog dan sejarawan lokal Daniel Curley menyampaikan, kepercayaan itu setidaknya sudah ada sejak 2.000 tahun lalu.

Menurut dia, pembukaan gerbang merupakan tanda masa transisi antara musim gugur dan musim dingin yang membawa serta sejumlah karakter tak biasa dari dunia lain.

"Monster dan manifestasinya akan muncul, dipimpin oleh Dewi Morrighan, untuk menciptakan dunia yang siap menghadapi musim dingin, termasuk burung dengan napas busuk yang akan melucuti dedaunan dari pepohonan," kata Curley.

Dia melanjutkan, selama kurun waktu tersebut, penduduk setempat akan tinggal di dalam rumah karena takut diseret ke dunia lain setelah para hantu selesai dengan urusannya.

"Jika Anda harus pergi ke luar, Anda akan mengenakan kostum dan topeng agar terlihat mengerikan. Dengan begitu, Anda akan dibiarkan sendirian dan tidak terseret ke dunia lain," sambungnya.

Kebiasaan berdandan seperti makhluk menakutkan saat keluar pada malam hari tepat di akhir Oktober inilah yang dipercaya merupakan asal-usul Halloween.


Tempat jahat seperti neraka

Sementara itu, dikutip dari IFL Science, Kamis (24/10/2023), Goa Kucing merupakan bagian dari Rathcroghan, kompleks situs arkeologi yang menyimpan lebih dari 240 situs.

Di Rathcroghan pula, bangsa Celtic, sebuah kelompok di Eropa kuno, mengadakan festival bernama Samhain mulai 31 Oktober malam.

Situs tersebut tercatat berusia hingga 5.500 tahun sejarah manusia, mulai dari Zaman Batu Baru hingga akhir periode Abad Pertengahan.

Kawasan ini juga menjadi rumah bagi 28 gundukan pemakaman yang berasal dari Zaman Perunggu dan Zaman Besi.

Bahkan, kompleks pemakaman digambarkan dalam literatur Abad Pertengahan sebagai salah satu dari tiga situs pemakaman utama di Irlandia.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Halloween, Dirayakan Setiap 31 Oktober

Sebagai salah satu situs terkenal di Rathcroghan, Oweynagat "dipuja" bukan karena ukuran atau penampakan karstnya.

Goa sepanjang 37 meter di bawah tanah itu menarik perhatian para ilmuwan lantaran sejarah arkeologinya.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com