Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harta Kekayaan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Bakal Capres-Cawapres Pemilu 2024

Kompas.com - 19/10/2023, 11:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi menjadi pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres pada Jumat (21/4/2023).

Mahfud MD kemudian ditunjuk sebagai bakal cawapres Ganjar pada Rabu (18/10/2023). Pemilihan Mahfud juga diumumkan oleh Megawati.

"Dengan mengucapkan bismillah hirohmanirrohim maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD," ucap Megawati di Kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, dikutip dari Kompas.com, Rabu.

Keduanya dijadwalkan mendaftarkan diri sebagai capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10/2023).

Salah satu syarat dalam pendaftaran tersebut, yakni laporan harta kekayaan masing-masing kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Lantas, berapa harta kekayaan Ganjar dan Mahfud?


Harta kekayaan Ganjar Pranowo

Merujuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Ganjar Pranowo terakhir kali melaporkan kekayaannya pada 12 September 2023 saat masih berstatus sebagai gubernur Jawa Tengah.

Ganjar tercatat memiliki empat jenis harta kekayaan, yakni tanah dan bangunan, alat transportasi dan alat mesin, harta bergerak lainnya, serta kas dan setara kas.

Mantan gubernur Jawa Tengah dua periode ini memiliki tujuh tanah dan bangunan yang berada di Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Sleman dengan total nilai Rp 6.152.426.000.

Baca juga: Ganjar Pranowo dan Cara Megawati Mengumumkan Capres PDI-P...

Selain itu, Ganjar juga memiliki harta bergerak berupa dua motor dan empat mobil seharga Rp 1.424.000.000.

Kendaraan yang dimiliki berupa motor Viar Scotter seharga Rp 9 juta dan Kawasaki ER-6N dengan harga Rp 50 juta.

Kemudian koleksi empat mobilnya terdiri dari Nissan Teana Minibus harga Rp 180 juta, Toyota Crown seharga Rp 185 juta, dan Hyundai Ioniq EV Signature AT seharga Rp 550 juta.

Ganjar memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 638.861.750.

Dia juga melaporkan kas dan setara kas bernilai Rp 7.202.414.732.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com