Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Jumlah Langkah Kaki dalam Sehari agar Tubuh Sehat?

Kompas.com - 18/10/2023, 09:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jalan kaki adalah salah satu olahraga dengan intensitas ringan yang paling sederhana untuk dilakukan. Selain itu, jalan kaki juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh. 

Ada banyak rekomendasi jumlah langkah per hari yang perlu dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Dilansir dari The New York Times, Profesor Epidemiologi Universitas Harvard Dr. I-Min Lee mengatakan, jalan kaki 10.000 langkah per hari mampu meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Manfaat jalan kaki

Sementara penelitian yang dilakukan pada 2019 menunjukkan bahwa jalan kaki kurang dari 5.000 langkah per hari dapat mencegah kematian dini.

Di sisi lain, dilansir dari The National News, 15 penelitian yang melibatkan 47.471 orang dewasa menyatakan bahwa jalan kaki 6.000-8.000 langkah per hari bisa mengurangi risiko kematian bagi mereka yang berusia lebih dari 60 tahun.

Lantas, berapa jumlah langkah kaki yang sebaiknya dilakukan dalam sehari agar tubuh sehat?

Sejumlah ahli merekomendasikan jalan kaki selama 150 menit dengan intensitas sedang selama seminggu untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tak peduli berapapun jumlah langkah kaki yang dilakukan.

Dilansir dari Verywell Fit, saran itu didukung oleh bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa jalan kaki selama 150 menit dengan intensitas sedang per minggu dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti kardiovaskular, diabetes tipe 2, obesitas, dan beberapa jenis kanker.

Pedoman ini juga bertujuan untuk membantu seseorang mencapai berat badan yang sehat, meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental, serta meningkatkan kualitas hidup.

Pertanyaannya, berapa banyak langkah yang bisa ditempuh saat Anda jalan kaki selama 150 menit dengan intensitas sedang selama seminggu?

Berapa jumlah langkah kaki per hari? 

Tak ada jawaban pasti mengenai berapa langkah kaki yang bisa dilakukan selama 150 menit dalam seminggu itu.

Namun, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan:

  • CDC merekomendasikan 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang per minggu untuk orang dewasa yaitu 30 menit 5 kali per minggu
  • Total 10.000 langkah per hari atau sekitar 5 mil adalah target harian yang diterima secara umum
  • Durasi dan jarak yang dapat ditempuh seseorang tergantung pada berbagai faktor

Bagi sebagian besar dari kita, banyak faktor yang memengaruhi seberapa banyak kita berjalan kaki dalam satu hari, dan hal ini dapat didasarkan pada gaya hidup, situasi kerja, waktu luang yang tersedia, serta target kebugaran yang kita tetapkan untuk diri sendiri.

Dikutip dari National Institutes of Health, rata-rata orang Amerika berjalan sekitar 4.000 hingga 5.000 langkah kaki per hari.

Sedangkan orang yang kurang aktif berjalan mungkin hanya meraih 2.000 langkah sehari atau bahkan lebih sedikit dari itu.

Dari sebuah studi yang diterbitkan JAMA Internal Medicine (2019) meneliti berapa banyak langkah sehari yang diperlukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Studi ini melibatkan sekitar 17.000 wanita dengan usia rata-rata 72 tahun dengan mengukur jumlah langkah kaki per hari dan kecepatan dari langkah tersebut.

Hasilnya, wanita yang berjalan 4.400 langkah per hari memiliki risiko kematian 41 persen lebih rendah daripada wanita yang hanya meraih 2.700 langkah per hari atau kurang.

Baca juga: Jalan Kaki Sebelum atau Setelah Makan, Mana yang Lebih Baik?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com