Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Karyawan Gelato Gelapkan Uang Toko Rp 45 Juta, Bagaimana Ceritanya?

Kompas.com - 12/10/2023, 09:27 WIB
Aulia Zahra Zain,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan video yang menunjukkan permintaan maaf seorang karyawan kasir karena menilap uang puluhan juta rupiah di salah satu gerai Legato Gelato, Lippo Mal Puri, Kota Jakarta Barat, viral di media sosial.

Video tersebut awalnya diunggah di akun sosial media Instagram Reels, @ristianaeteng, Senin (9/10/2023).

ENAK BANGET JAGA KASIR DAPET 45JT, PENSIUN JADI OWNER AJA KALI YA? *jadi pengen jaga kasir di mall,” tulis keterangan dalam video unggahan tersebut.

Terlihat dalam unggahan, seorang kasir mengakui perbuatannya telah menggelapkan omset penjualan di salah satu gerai Legato Gelato sebesar Rp 45 juta dengan cara memberikan pelanggan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) miliknya pribadi untuk transaksi pembayaran gelato tersebut.

Hingga Kamis (12/10/2023) siang, unggahan tersebut telah mendapatkan like dari warganet sebanyak 42.578.

Baca juga: Viral, Video Anak Kereta Mini Jalan di Rel, KAI: Ini Dresin

Lantas, bagaimana kronologi kejadian sebenarnya?

Baca juga: Viral, Video Website PN Sleman Disusupi Link Situs Judi Online

Pelaku disidak oleh pemilik toko

Pemilik Legato Gelato, Ristiana Eteng (32) membenarkan adanya karyawan di salah satu gerainya yang menilap uang penjualan hingga Rp 45 juta.

Ristiana menyebutkan, AS (19), merupakan karyawan kasir Legato Gelato di Lippo Mall Puri yang sudah bekerja selama satu tahun. Penggelapan dana tersebut terbongkar setelah pemilik melakukan sidak langsung ke gerai pada Jumat (6/10/2023).

“Iya, melakukan penggelapan dana omset penjualan Legato Gelato. Nominal yang diakui pelaku sebesar Rp 45 juta seperti yang tertera pada video,” ujar Ristiana kepada Kompas.com, Rabu (11/10/2023).

Baca juga: Viral, Video Kasus Kawin Tangkap di Sumba Barat Daya, NTT, Apa Itu?

Ristiana mengatakan, awalnya pihaknya mengaku bingung karena omset penjualan di gerai Lippo Mall Puri menurun jauh dalam tiga bulan terakhir.

Cuma biar kita bisa dapat kesimpulan dari data kalau ini ada yang aneh, tidak bisa cuma melihat angka penghasilan dari satu sampai dua hari saja. Jadi tim kita sampai melakukan diskusi hal ini lumayan lama dalam rapat pleno,” jelas Ristiana.

Bahkan, tim Legato Gelato sampai mempertanyakan terkait adanya penurunan trafik penjualan di Lippo Mall Puri.

Baca juga: Detik-detik Penangkapan Kembar Rihana-Rihani Penipu Preorder iPhone

Menjebak pelaku

Pada akhirnya, suami Ristiana, Kevin Yosua (32) kemudian menjebak pelaku dengan berpura-pura menjadi pelanggan Legato Gelato.

“Ternyata si AS ini mengambilkan uang cash yang masuk, customer-nya tetap dapat struk tapi dikasih struk yang dia reprint dari transaksi sebelumnya. Makanya laporan keuangannya bisa seimbang,” jelas dia.

Lebih lanjut, Ristiana mengatakan bahwa pelanggan yang mau membayar dengan QRIS disodorkan QRIS dari ponsel pribadi milik AS.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com