Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Tepung Umbi Garut Bisa Mengatasi Asam Lambung?

Kompas.com - 28/09/2023, 20:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanaman Garut atau Maranta arundinacea adalah salah satu jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di Indonesia.

Kendati tak sepopuler umbi-umbian lain, seperti ubi jalar, talas, atau ubi kayu, umbi Garut dapat menjadi alternatif pangan lokal yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari Antara, Kementerian Pertanian sempat memperkenalkan umbi Garut sebagai alternatif pangan sekaligus bahan baku industri farmasi dan kosmetik.

Bahkan, olahan tepung dari umbi Garut disebut dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan, termasuk masalah pencernaan seperti asam lambung.

Tepung umbi Garut mengandung karbohidrat sebanyak 25-30 persen. Sementara sisanya, terdiri dari protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, serta vitamin C.

Baca juga: Apa Itu Porang yang Harganya Mahal dan Dilarang Diekspor dalam Bentuk Umbi?

Lantas, benarkah tepung umbi garut dapat mengatasi asam lambung?


Baca juga: Jangan Keliru, Begini Cara Bedakan Porang dan Umbi Sejenis Lainnya

Manfaat tepung umbi garut untuk asam lambung

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania mengatakan, tepung umbi Garut memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan sistem pencernaan.

"Umbi Garut atau bahasa Inggrisnya arrowroot memang sering diolah menjadi tepung supaya lebih gampang dikonsumsi," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (28/9/2023).

Manfaat tepung umbi Garut untuk pencernaan, menurutnya, termasuk melancarkan sistem cerna, mengurangi sembelit, serta mengurangi diare.

Dengan mengonsumsi olahan umbi-umbian ini, saluran pencernaan dapat kembali normal dan terhindar dari gangguan atau masalah.

Bukan hanya itu, tepung umbi garut juga dapat bertransformasi menjadi prebiotik, bahan yang memicu pertumbuhan bakteri baik di sistem pencernaan.

"Jadi memang manfaat terhadap sistem pencernaan itu sangat baik sekali, sehingga orang-orang dengan penyakit asam lambung bisa dibantu diatasi dengan umbi Garut," kata dia.

Khasiat ini lantaran umbi Garut bersifat alkali, yang dapat meningkatkan pH atau mengurangi keasaman pada organ lambung.

"Keluhan-keluhan pada lambung yang disebabkan asam lambung berlebihan bisa berkurang karena tepung umbi garut bisa menetralisir asam karena dia bersifat basa atau alkali," jelas Inggrid.

Baca juga: 5 Efek Samping Bawang Putih bagi Tubuh, Termasuk Picu Asam Lambung Kambuh

Belum ada uji klinis pada manusia

ilustrasi umbi gembili. SHUTTERSTOCK/Teguh Jati Prasetyo ilustrasi umbi gembili.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com