Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Kata-kata Inspiratif Marie Curie, Wanita Peraih Penghargaan Nobel

Kompas.com - 17/09/2023, 18:00 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Marie Curie merupakan perempuan pertama dan satu-satunya sampai saat ini yang pernah peraih Nobel dalam dua kategori.

Sepanjang hidupnya, Marier menemukan polonium dan radium, serta mengembangkan lebih lanjut soal sinar-X.

Lahir pada 1867 di Warsawa (kini Polandia), Marie berasal dari keluarga berpendidikan. Ayahnya, Wladsylaw merupakan instruktur matematika dan fisika.

Pada 1891, ia pindah ke Perancis dan mendaftar di Sorbonne University. 

Curie menyelesaikan gelar masternya di bidang fisika pada tahun 1893 dan memperoleh gelar lain di bidang matematika pada tahun berikutnya.

Menikah dengan Pierre Curie

Pertemuannya dengan seorang peneliti bernama Pierre Curie membawanya pada temuan-temuan besar yang berguna di masa depan. Keduanya menikah pada 1895.

Mereka bahkan dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1903. Sementara Marie, kembali mendapatkan Nobel di bidang kimia pada 1911.

Hingga kini, Marie tetap menjadi satu-satunya orang yang diberi penghargaan atas pencapaiannya dalam dua ilmu berbeda.

Marie bekerja secara ekstensif dengan radium sepanjang hidupnya, mengkarakterisasi berbagai sifat radium dan menyelidiki potensi terapeutiknya.

Namun, pekerjaannya dengan bahan radioaktif akhirnya membunuhnya pada 1934 karena anemia aplastik. Penyakit ini kemungkinan besar disebabkan oleh paparan radiasi.

Kata-kata Marie Curie

Berikut 15 kutipan terkenal Marie Curie:

  1. One never notices what has been done, one can only see what remains to be done (Seseorang tidak pernah memperhatikan apa yang telah dilakukan, seseorang hanya dapat melihat apa yang masih harus dilakukan)
  2. In science, we must be interested in things, not in persons (Dalam ilmu pengetahuan, kita harus tertarik pada benda-benda, bukan pada orang)
  3. All my life through, the new sights of nature made me rejoice like a child (Sepanjang hidup saya, pemandangan alam yang baru membuat saya bersukacita seperti anak kecil)
  4. Nothing in life is to be feared, it is only to be understood (Tidak ada hal dalam hidup yang perlu ditakuti, yang ada hanya untuk dipahami)
  5. I am among those who think that science has great beauty (Saya termasuk orang yang berpikir bahwa ilmu pengetahuan memiliki keindahan yang luar biasa)
  6. I was taught that the way of progress was neither swift nor easy (Saya diajari bahwa jalan kemajuan tidak cepat atau mudah)
  7. Have no fear of perfection, you'll never reach it (Jangan takut akan kesempurnaan, Anda tidak akan pernah mencapainya)
  8. Be less curious about people and more curious about ideas (Kurangi rasa ingin tahu tentang orang dan lebih banyak ingin tahu tentang ide-ide)
  9. You cannot hope to build a better world without improving the individuals (Anda tidak dapat berharap untuk membangun dunia yang lebih baik tanpa memperbaiki individu)
  10. It is important to make a dream of life and a dream reality (Penting untuk membuat impian hidup dan impian menjadi kenyataan)
  11. There are sadistic scientists who hurry to hunt down errors instead of establishing the truth (Ada ilmuwan sadis yang terburu-buru memburu kesalahan alih-alih membangun kebenaran)
  12. You cannot hope to build a better world without improving the individuals (Anda tidak dapat berharap untuk membangun dunia yang lebih baik tanpa memperbaiki individu-individu)
  13. First Principle: never to let one's self be beaten down by persons or events (Prinsip Pertama: jangan pernah membiarkan diri sendiri dikalahkan oleh orang atau peristiwa)
  14. We must believe that we are gifted for something and that this thing must be attained (Kita harus percaya bahwa kita berbakat untuk sesuatu dan bahwa hal ini harus dicapai)
  15. The older one gets,the more one feels that the present moment must be enjoyed, comparable to a state of grace (Semakin tua seseorang, semakin ia merasa bahwa saat ini harus dinikmati, sebanding dengan keadaan rahmat). 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com