Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Paus Sperma dan Asal-usul Penamaannya

Kompas.com - 02/09/2023, 15:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Paus sperma (Physeter catodon) adalah paus bergigi terbesar dengan panjang jantan mencapai 19 meter dan betina mencapai 12 meter.

Mereka mudah dikenali dari bentuk kepala perseginya yang sangat besar dan rahang bawahnya yang sempit.

Paus sperma bukanlah hewan yang asing di masyarakat. Namun, mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya mengapa mereka diberi nama demikian.

Baca juga: Kisah Paus Paling Kesepian, Hidup dengan Nyanyian yang Tak Pernah Dijawab Kawanan


Untuk mengetahui dari mana asal-usul nama paus sperma, simak penjelasannya berikut ini.

Karakteristik paus sperma

Dilansir dari laman National Oceanic and Atmospheric Administration, paus sperma umumnya berwarna abu-abu tua, dan beberapa memiliki bercak putih di perutnya.

Mereka adalah satu-satunya cetacea hidup yang memiliki lubang sembur tunggal yang terletak secara asimetris di sisi kiri ubun-ubun kepala.

Kepala mereka sangat besar, kira-kira sepertiga dari total panjang tubuhnya. Memiliki rahang bawahnya sempit dan sekitar 20-26 gigi besar di setiap sisi rahang bawah.

Baca juga: Kisah Bladerunner, Paus yang Terkena Baling-baling Kapal, Puluhan Tahun Hidup dengan Bekas Luka Khas

Sirip paus sperma berbentuk dayung dan kecil, dan mereka memiliki sirip punggung kecil yang rendah, tebal, dan biasanya membulat.

Paus sperma berburu makanan saat menyelam dalam yang secara rutin mencapai kedalaman 2.000 kaki dan dapat berlangsung selama 45 menit.

Makanan hewan ini terdiri dari spesies seperti cumi-cumi, hiu, ikan skate, dan ikan yang juga menghuni perairan laut dalam.

Paus sperma menghuni seluruh lautan di dunia dan penyebarannya bergantung pada sumber makanan atau kondisi yang cocok untuk berkembang biak.

Baca juga: 99 Persen Paus Orca Alami Penyakit Kulit, Apa Dampaknya?

Asal-usul nama paus sperma

Paus sperma adalah mamalia laut raksasa yang memiliki ciri unik yakni kepalanya yang sangat besar.SHUTTERSTOCK/Martin Prochazkacz Paus sperma adalah mamalia laut raksasa yang memiliki ciri unik yakni kepalanya yang sangat besar.

Nama paus sperma diambil dari zat lilin (spermaceti) yang ditemukan di kepalanya. Spermaceti adalah kantung minyak yang membantu paus memfokuskan suara.

Dilansir dari laman Encyclopedia Britannica, semua berawal dari masa kejayaan industri penangkapan ikan paus komersial, dari akhir abad ke-18 hingga abad ke-19.

Selama penangkapan ikan paus, ada organ di kepala paus yang mengandung cairan putih, dan dikira oleh para pemburu paus sebagai sperma ikan paus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com