Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Jaya Semprot Jalan untuk Kurangi Polusi, Walhi: Jangkauannya Terbatas

Kompas.com - 26/08/2023, 06:45 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Polda Metro Jaya melakukan penyemprotan di sejumlah ruas jalan protokol DKI Jakarta untuk mengurangi dampak polusi udara menggunakan water cannon. 

Kegiatan penyemprotan air dengan kendaraan water canon oleh Polda Metro Jaya itu diunggah di laman media sosialnya @Poldametrojaya_, Kamis (24/8/2023).

"MENGURANGI DAMPAK POLUSI UDARA

Dampak Polusi Udara di Jakarta Sudah Sangat memprihatinkan, maka dari itu Polri Khususnya Polda Metro Jaya melakukan Pengecekan Kendaraan Taktis Water Canon dan dilakukan Penyemprotan Jalan Prokol Guna Mengurangi Dampak Polusi Udara di Jakarta," tulis uanggahan itu.

Hingga Jumat (25/8/2023), unggahan tersebut telah dikomentari 2.804 warganet, dibagikan kembali 4.508 kali, dan disukai 1.155 pengguna media sosial X atau Twitter.

Video penyemportan menggunakan water cannon itu mendapat respon dari sejumlah warganet di Twitter. Ada yang mempertanyakan efektivitas penyemprotan tersebut. 

Sebab ada yang menilai, polusi udara lebih banyak terjadi di atas, sedangkan penyemprotan dilakukan di bawah. 

"Pak, polusinya kan diatas. Knp nyemprotnya dibawah," tulis akun @_red*******.

"Efektif kah?" tulis akun @sosmedkeras.

Penyemprotan water cannon di Jakarta

Polda Metro Jaya bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan penyemprotan menggunakan water cannon pada Rabu (23/8/2023).

Kegiatan itu dilakukan dengan menyiram dua sisi Jalan Jenderal Sudirman hingga Patung Pemuda Membangun, Senayan, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, penyemprotan bertujuan untuk menekan polusi udara di Jakarta belakangan ini.

"Polri khususnya Polda Metro Jaya melakukan kesiapan dengan pengecekan kendaraan taktis water cannon, dan kemudian melakukan penyemprotan jalan protokol guna mengurangi dampak polusi udara di Jakarta," kata Trunoyudo dilansir dari Kompas TV.

Polda Metro Jaya mengerahkan empat mobil water cannon untuk penyemprotan di seputaran area Jalan Merdeka Barat Monas, Jalan Jenderal Sudirman, dan Patung Pemuda Membangun Senayan.

Baca juga: Kualitas Udara Jakarta Tidak Sehat, Ini Penyebabnya Kata DLH DKI

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com