Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Asal-usul Internet, Berikut Sejarah Perkembangannya

Kompas.com - 20/07/2023, 09:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia.

Ini memungkinkan jaringan komputer di seluruh dunia dijalankan oleh perusahaan, pemerintah, universitas, dan organisasi lain untuk terhubung satu sama lain.

Hasilnya adalah sekumpulan komputer, pusat data, router, server, repeater, satelit, dan menara WiFi yang memungkinkan informasi digital menyebar ke seluruh dunia.

Infrastruktur ini juga yang membuat Anda bisa belanja online, membagikan kehidupan di media sosial, streaming online, atau mengirim email.

Baca juga: Dari Roda hingga Pesawat, Berikut 7 Penemuan yang Mengubah Dunia

Sejarah singkat asal-usul internet

Dilansir dari laman Science and Media Museum, asal-usul internet berakar di Amerika Serikat (AS) pada tahun 1950-an, saat Perang Dingin mencapai puncaknya.

AS menyadari bahwa mereka membutuhkan sistem komunikasi yang tidak terpengaruh oleh serangan nuklir Uni Soviet.

Pada saat itu, komputer adalah mesin besar dan mahal yang secara eksklusif digunakan oleh ilmuwan militer dan staf universitas.

Mesin-mesin ini sangat kuat tetapi jumlahnya terbatas, dan para peneliti membutuhkan akses ke teknologi, tetapi harus menempuh jarak yang jauh untuk menggunakannya.

Kesulitan menggunakan sistem seperti itu membuat berbagai ilmuwan, insinyur, dan organisasi meneliti kemungkinan untuk menciptakan jaringan komputer skala besar.

Baca juga: Mengenal Sejarah dan Penemuan Revolusi Industri Kedua

Penggunaan istilah “internet”

Ilustrasi sejarah perkembangan internet.iStockphoto/MooseD Ilustrasi sejarah perkembangan internet.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Ilmuwan komputer Vinton Cerf dan Robert Kahn dikreditkan dengan penemuan protokol komunikasi Internet dan sistem yang disebut sebagai "Internet".

Sebelum iterasi Internet saat ini, jaringan jarak jauh antar komputer pertama kali dilakukan dalam percobaan tahun 1969 oleh dua tim peneliti di UCLA dan Stanford.

Meskipun sistem macet selama upaya awal untuk masuk ke komputer lain, para peneliti yang dipimpin oleh Leonard Kleinrock, berhasil membuat jaringan two-node pertama.

Cerf dan Kahn mengembangkan seperangkat pedoman untuk transfer data menggunakan packet switching pada tahun 1980, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).

Baca juga: 5 Penemuan Penting dari Revolusi Industri, Apa Saja?

Bagian TCP dari protokol bertanggung jawab untuk mengemas data sebelum bergerak melintasi jaringan dan membongkarnya setelah tiba.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com