Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Idol K-Pop yang Jago "Self Producing"

Kompas.com - 12/06/2023, 16:23 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Menjadi grup idola K-Pop memiliki keterbatasan karena peraturan yang dibuat oleh agensinya. Meskipun mereka mampu menyanyi dan menari, tidak semua grup idola mendapat kesempatan yang sama untuk memproduksi sendiri lagunya.

Hal ini disebabkan persona agensi yang telah dibuat untuk grup tersebut sehingga mereka kerap menggaet produser secara eksklusif. Sebut saja Blackpink yang mayoritas lagunya diproduseri oleh produser kondang THEBLACKLABEL, yaitu Teddy.

Meski begitu, ada pula beberapa anggota idol K-Pop yang mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi dalam lagunya. Salah satunya adalah Tae Yong NCT yang baru saja debut dengan mini album bertajuk “SHALALA”.

Leader boy group NCT ini turut berpartisipasi dalam pembuatan lirik seluruh lagu yang ada pada album tersebut. Dalam Kamjagiya Korea! episode “Mini Album Taeyong NCT “SHALALA” Ada Segudang Makna!” dengan tautan dik.si/KamKorTaeyong disebutkan bahwa liriknya mengandung segudang makna.

Tak hanya Tae Yong NCT, di industri K-Pop, ada pula anggota grup idola yang berhasil menjadi produser bagi lagu grupnya, solois, hingga grup dari agensi lainnya.

1. Bang Chan Stray Kids

Stray Kids adalah grup asal JYP Entertainment yang terkenal dengan lagu maskulin dengan rap yang agresif serta penampilan yang energik. Banyak pula orang yang menilai lagu mereka cenderung ‘berisik’.

Baca juga: Fakta Drakor Queen of Tears, Adu Akting Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won

Meski begitu, lagu mereka bertajuk MIROH (2019) terkenal karena dinilai warganet mampu mengeluarkan air di dalam gawai yang terkena air. Ternyata, lagu tersebut diproduseri oleh salah satu anggota grup ini, yaitu Bang Chan.

Leader grup ini dikenal pula sebagai 3RACHA bersama dua anggota lainnya, yaitu HAN dan Chang Bin. Selain memproduseri lagu, Bang Chan, HAN, dan Chang Bin juga kerap menulis lirik untuk lagu-lagu Stray Kids yang mayoritas terdapat rap di dalamnya.

2. Woozi SEVENTEEN

Grup yang beranggotakan tiga belas pemuda ini memiliki konsep yang unik. Mereka memiliki tiga unit berbeda, yaitu vokal, rap, dan performance, yang saling membantu dalam proses produksi lagu-lagu comeback.

Salah satu membernya, yaitu Woozi, adalah produser dan penulis lagu utama grup ini. Pria sekaligus leader tim vokal ini sudah memproduksi lagu hit, seperti Super (2023) dan Adore U (2015). Selain itu, dia juga pernah menjadi produser untuk lagu perpisahan I.O.I, yaitu Downpur (2017).

3. So Yeon (G)-IDLE

So Yeon adalah anggota sekaligus leader dan main rapper girl group (G)-IDLE. Kemampuannya untuk menulis lirik dan membuat lagu telah diperlihatkan sejak ia muncul di Produce 101 dan Unpretty Rapstar.

Perjalanannya dalam membuat lagu pun tak mudah. Salah satu lagu (G)-IDLE, yaitu HWAA (2021) ternyata pernah ditolak beberapa kali oleh CUBE sebelum akhirnya disetujui. Namun, seiring berjalannya waktu, So Yeon selalu membuat Neverland dan nonpenggemar menanti-nanti lagu baru dari grup ini.

Beberapa lagu lainnya yang diproduseri oleh So Yeon adalah Queencard (2023), Nxde (2022), Tomboy (2022), dan Dumdi Dumdi (2020).

4. Zico Block B

Pria yang kini sukses membangun agensi sendiri ini adalah seorang produser dari grup Block B dan kru hip-hop FANXYCHILD. Sejak awal debut, Zico bahkan sudah menjadi penulis lirik dan produser untuk lagu Nanrina (2011), Toy (2016), hingga Shall We Dance (2017).

Baca juga: Masuk Season 3, Ini Fakta Menarik Drakor Dr. Romantic

Berkat kemampuannya sebagai produser, Zico juga didapuk sebagai juri dalam ajang Show Me The Money musim keempat dan keenam. Acara ini adalah kompetisi untuk mencari rapper terbaik yang terbuka bagi seluruh warga Korea Selatan untuk memenangkan hadiah uang.

5. Hui Pentagon

Hui yang baru-baru ini muncul di Boys Planet 999 sebagai peserta adalah seorang produser dari grup Pentagon. Pria inilah yang telah menciptakan lagu-lagu hit Pentagon, seperti Shine (2018), Humph! (2019), dan Daisy (2020).

Selain itu, Hui juga pernah memproduseri lagu untuk survival show Mnet, yaitu Never (2017). Tak berhenti sampai di situ, Hui juga memproduseri lagu debut grup jebolan Produce 101 Season 2, WANNA ONE, yaitu Energetic (2017).

Ingin tahu informasi terkini lainnya seputar grup idola hingga budaya Korea? Yuk, dengarkan Kamjagiya Korea! hanya di Spotify. Akses juga episode-episode lainnya yang tak kalah seru dalam playlist YouTube Medio by KG Media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com