Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Gagal Login di tiketkai.com, Apakah Itu Link Pemesanan Resmi Tiket Kereta Api?

Kompas.com - 21/05/2023, 20:10 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan dari warganet yang mengaku kesulitan login di website www.tiketkai.com ramai di media sosial.

Warganet tersebut membagikan keluhannya di grup Facebook Pecinta Kereta Api Indonesia pada Sabtu (20/5/2023).

"Permisi, ada yang tau ga ini cara biar bisa login soalnya udah risert pasword masih ga bisa masuk. Ini di aplikasi TiketKAI ya Trimakasihh," tulisnya.

Dalam unggahannya, pengunggah turut membagikan tangkapan layar menu login di website www.tiketkai.com.

Baca juga: Viral, Video Pengendara Adang Bus Lawan Arah di Jalan Lingkar Tegal-Bebes: Sudah Telanjur Kesal, Saya Matikan Mesin Motor!


Baca juga: Viral, Video Pasangan Diduga Mesum di Kereta, Berikut Penjelasan KCI

Lantas, apakah website www.tiketkai.com merupakan laman pemesanan tiket resmi?

Penjelasan KAI

Cara beli tiket kereta api online lewat HP melalui KAI Access.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Cara beli tiket kereta api online lewat HP melalui KAI Access.

Saat dikonfirmasi, Vice President (VP) Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengatakan, website www.tiketkai.com berasal dari pihak ketiga yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

Joni memastikan, website tersebut bukan laman penipuan dan dapat diakses masyarakat untuk melakukan pemesanan tiket kereta api selain melalui laman utama milik KAI, yakni www.booking.kai.id.

"(Website tiketkai.com) bisa (untuk pemesanan tiket kereta api). Bukan link penipuan, link pihak ketiga yang kerja sama resmi dengan KAI," ujar Joni, kepada Kompas.com, Minggu (21/5/2023) sore.

Baca juga: Ramai Unggahan Penumpang Tertinggal Kereta di Stasiun Yogyakarta: Sudah Punya Tiket, Sempat Naik, tapi Turun Lagi karena Informasikan Tiket yang Salah

 VP Public Relations KAI Joni Martinus.Kompas.com/Kiki Safitri VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Adapun pemesanan tiket kereta api jarak menengah atau jauh, kata Joni, dapat dilakukan secara online melalui berbagai macam platform milik KAI maupun dengan pihak ketiga yang bekerja sama resmi dengan KAI.

Platform milik KAI di antaranya, KAI Access dan website booking.kai.id.

"Sementara platform pihak ketiga yang bekerja sama resmi dengan KAI di antaranya seperti Traveloka, tiket.com, Indomart, Alfamart, Tiket KAI.com, dan lain sebagaimana," jelas Joni.

Baca juga: Viral, Cerita Penumpang Kehilangan Dompet di Stasiun Tugu, Sebut CCTV Rusak Saat Ingin Cek, Ini Kata KAI

Lebih lanjut, Joni menyampaikan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait platform pihak ketiga yang bekerja sama dengan KAI dalam penjualan tiket, dapat menghubungi KAI melalui sejumlah saluran.

Mulai dari contact center KAI melalui telepon di 121,WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, media sosial KAI121, atau customer service di stasiun

"KAI bersama-sama stakeholders yang lain berkomitmen untuk selalu meningkatkan layanan kepada masyarakat dengan selalu beradaptasi pada keinginan planggan," tandasnya.

Baca juga: Kisah Cleaning Service Temukan Uang Rp 44 Juta di Stasiun Tugu Yogyakarta, Dikembalikan Utuh kepada Penumpang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com