Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganet Sebut Kepiting Sebastian di Little Mermaid Tak Hidup di Laut, Lalu di Mana Habitat Red Ghost Crab Ini?

Kompas.com - 08/05/2023, 14:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan viral menyebut bahwa kepiting Sebastian yang muncul di film terbaru Disney, Little Mermaid, seharusnya tidak bisa hidup di laut seperti yang ada di dalam film.

Unggahan tersebut dibagikan akun Twitter ini pada Minggu (30/4/2023).

Pengunggah menyatakan spesies kepiting yang muncul dalam poster film tersebut adalah red ghost crab (Ocypode macrocera).

Red ghost crab, menurutnya, termasuk jenis kepiting pasir yang hidup di pantai. Kepiting ini tidak bisa berenang apalagi hidup di dalam kedalaman air laut.

Lalu, apa itu kepiting red ghost crab? Di manakah habitat aslinya?

Baca juga: Saat 50 Juta Kepiting Menutupi Jalanan di Australia...


Mengenal red ghost crab

Kepiting jenis red ghost crab. (Pexels/rompalli harish)rompalli harish Kepiting jenis red ghost crab. (Pexels/rompalli harish)
Peneliti dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) Irzal Effendi menjelaskan, red ghost crab atau kepiting hantu merupakan salah satu jenis kepiting berwarna merah yang hidup di pantai.

"Selain berwarna merah, secara morfologi, kepiting ini memiliki tangkai mata yang relatif lebih panjang dibandingkan dengan kepiting bakau atau mud crab, dan tegak ke atas," jelasnya kepada Kompas.com, Selasa (2/7/2023).

Mud crab atau kepiting bakau sendiri memiliki cangkang berwarna antara hijau tua berbintik-bintik hingga coklat tua. Matanya berada di pinggir cangkang dengan bentuk sedikit menonjol keluar ke arah samping.

"Mata kepiting ini bisa berputar 360 derajat untuk memantau situasi di sekitarnya," tambah Irzal.

Ia menyatakan, penampakan muka red gost crab berbentuk kotak.

Kepiting merah ini memiliki anatomi yang terdiri dari empat pasang kaki, sepasang cakar, saluran pencernaan, organ reproduksi (gonad jantan dan betina), insang, dan sebagainya.

Baca juga: Ilmuwan Identifikasi Kepiting Kecil Berusia 100 Juta Tahun

Habitat red ghost crab

"Insang kepiting ini harus selalu dibasahi guna mengambil oksigen terlarut dalam lapisan air yang membasahi insang," lanjut Irzal.

Oleh karena itu, kepiting jenis red ghost crab akan sesekali pergi ke laut saat berada di pantai untuk membasahi insangnya.

Perilaku seperti ini menunjukkan bahwa kepiting tersebut adalah hewan semi-terestrial. Terestrial berarti daratan. Artinya, ia akan berada setengah di darat setengah di laut dalam kehidupannya.

Meski begitu, red ghost crab bukanlah binatang laut. Mereka akan tenggelam jika terlalu lama berada di dalam air.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com