Kompas.com - 21/10/2021, 15:32 WIB
Fosil kepiting Cretapsara athanata berusia 100 juta tahun yang diawetkan dalam damar (getah pohon yang mengeras) Fosil kepiting Cretapsara athanata berusia 100 juta tahun yang diawetkan dalam damar (getah pohon yang mengeras)

KOMPAS.com - Fosil yang terperangkap dalam damar telah menjadi salah satu penemuan paleontologi yang paling menarik dalam beberapa tahun terakhir.

Gumpalan getah pohon (damar) purba yang mengeras telah mengungkap banyak hewan mikroskopik, seperti serangga, kadal, dan laba-laba.

Hewan-hewan tersebut seringkali hilang dari temuan fosil pada batuan.

Kini, para ilmuwan telah menemukan hewan air tertua yang diawetkan dalam damar, yaitu fosil kepiting kecil berusia 100 juta tahun.

"Spesimennya spektakuler, ini adalah satu-satunya. Ini benar-benar lengkap dan tidak kehilangan satu rambut pun di tubuh," kata peneliti pascadoktoral di Departemen Biologi Organisme dan Evolusi di Harvard University Javier Luque, dikutip dari CNN.

Ilmuwan China, AS, dan Kanada yang mengerjakan spesimen amber yang berasal dari Myanmar utara, menamai kepiting kecil itu dengan Cretapsara athanata.

Baca juga: Kapan Matahari Mati? Begini Penjelasan Ilmuwan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nama tersebut merujuk pada Zaman Kapur atau era dinosaurus, periode waktu kepiting itu hidup.

Sementara, athanata didasarkan pada kata "athanatos," yang berarti abadi dalam bahasa Yunani. Kata itu mengacu pada pelestariannya yang hidup dalam damar.

Secara fisik, makhluk berusia 100 juta tahun itu menyerupai kepiting yang berkeliaran di sekitar pantai hari ini.

Pemindaian tomografi terkomputerisasi mengungkapkan bagian tubuh yang halus seperti antena, insang, dan rambut halus di bagian mulut.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.