Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Ternyata Pernah Menghilang dari Amerika Utara Selama 7 Juta Tahun, Kok Bisa?

Kompas.com - 10/02/2023, 07:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehilangan kucing adalah hal yang sering terjadi. Hewan berbulu ini memang suka bermain di rumah atau pergi mengejar kucing lain. Akibatnya, kucing lama-lama tidak pulang dan menghilang.

Beberapa pemilik kucing menceritakan peliharaannya pulang ke rumah usai bertahun-tahun hilang. Namun, banyak juga kucing yang tidak pulang selamanya.

Sementara itu, di Amerika Utara, kucing pernah menghilang tanpa jejak sepanjang 7 juta tahun.

Mengapa bisa tidak ada kucing di Amerika Utara selama itu dan apa alasannya?

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kucing Suka Tidur


Kucing di Amerika Utara menghilang

Dilansir dari Live Science, kucing dan spesies sejenisnya menghilang dari daratan Amerika Utara antara 25 hingga 18,5 juta tahun lalu. Artinya, tidak ada kucing selama hampir 7 juta tahun di sana.

Hal ini terlihat dari tidak ditemukannya fosil kucing dan spesies sejenisnya di Amerika Utara dalam durasi periode tersebut.

Menurut Nature World News, berbagai teori berusaha menjawab alasan di balik kucing yang menghilang.

Beberapa ahli menyebut kucing mungkin pindah dari Amerika Utara menuju tempat yang lebih baik untuk berburu. Alasan lain mungkin karena ada erupsi gunung atau masalah lingkungan.

Kondisi ini membuat hanya tersisa sedikit spesies kucing di Amerika Utara. Bahkan, saking sedikitnya, sulit menemukan fosil kucing di benua itu.

Namun, menurut Carlo Meloro, ahli paleontologi vertebrata di Liverpool John Moores University di Inggris, belum ada penyebab pasti mengapa kucing menghilang selama jutaan tahun dari Amerika Utara.

Ia dan ahli paleontologi asal Universitas Bloomington David Polly menyebut, kucing bisa saja hidup di Amerika Utara pada periode itu. Namun hanya saja fosilnya belum ditemukan.

Baca juga: Bisakah Kucing Melihat dalam Gelap?

Spesies kucing yang hilang

Kucing purba Nimravidae.Britannica Kucing purba Nimravidae.

Meloro menjelaskan, ada tiga keluarga taksonomi kucing di era purba, yaitu Nimravidae, Barbourofelidae, dan Felidae.

Nimravidae ditemukan sampai 28,7 juta tahun yang lalu. Sementara Barbourofelidae muncul di Amerika Utara 11,5 hingga 9,8 juta tahun yang lalu.

Di antara kedua spesies itulah kucing menghilang di Amerika Utara. Kemungkinan, kucing saat itu punah akibat perubahan pada ekosistem. Penelitian menyebut, hewan herbivora memburu kucing jenis Nimravidae.

Sementara spesies kucing Felidae yang menyerupai kucing masa kini berimigrasi ke Amerika Utara baru pada 23,03 juta hingga 5,3 juta tahun yang lalu. Mereka berjalan di sepanjang daratan melintasi Siberia ke Alaska.

Hingga sekarang, belum ada fosil kucing di Amerika Utara dari periode 25 juta hingga 18,5 juta tahun lalu yang ditemukan.

Jika suatu saat ketemu, jumlahnya diperkirakan tidak banyak sehingga tetap sulit diamati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com