Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Kabin Mobil Jadi Kasur, Penumpang Tanpa Sabuk Pengaman, Ini Bahayanya

Kompas.com - 29/01/2023, 16:15 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan kabin mobil diubah jadi tempat tidur dan penumpang tidak memakai sabuk pengaman, viral di media sosial. 

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @otongkoil pada Jumat, (27/1/2030), terlihat satu keluarga yang tengah mengendarai mobil dengan kondisi kabin dibuat menjadi kasur.

Tampak anak-anak yang santai tiduran sambil menonton tv layaknya berada di rumah. Selain itu, terlihat juga seorang wanita yang berada di jok depan duduk dengan santainya di kabin yang telah dimodifikasi kasur tersebut tanpa menggunakan sabuk pengaman atau seat belt.

Baca juga: Jangan Menggelar Kasur di Kabin Mobil Saat Perjalanan, Simak Bahayanya

Hingga Minggu (29/1/2023), unggahan itu telah ditonton sebanyak 4,2 juta kali, disukai sebanyak 19.600 kali dan banyak dikomentari warganet. .

Sejumlah warganet menyoroti soal keamanan penumpang di dalamnya yang tidak mengenakan sabuk pengaman sebab kabin mobil diubah menjadi lesehan. 

"Persetan dengan safety, yang penting bisa rebahan sambil nonton tv," tulis akun @ndrandri.
"Amit-amit tabrakan mental semua kedepan," ungkap akun @drugseyes.
"mobil kluarga tp ga gitu juga konsepnya," kata akun @DwiAjiYudha.

Lantas amankah menggelar kasur di kabin selama perjalanan?

Baca juga: Insiden Powerbank Meledak di Kabin, Barang Apa Saja yang Tidak Boleh Dibawa Masuk ke Pesawat?

Pengamat trasnportasi: ubah kabin jadi kasur berbahaya

Pengamat transportasi sekaligus Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan, ada beberapa mobil caravan yang dibuat untuk digelar kasur. Namun dengan aturan yang duduk di kursi depan wajib menggunakan seat belt.

"Kalau untuk mobil caravan memang diperbolehkan, tapi kasur tidak boleh sampai menghalangi kursi depan. Jadi hanya di bagian kursi penumpang di belakang dan yang depan wajib pakai seat belt," tuturnya saat dihubungi Kompas.com pada Minggu (29/1/2023).

Namun Djoko mengatakan, mobil keluarga seperti LCGC dan sejenisnya tidak disarankan untuk modifikasi kabin jadi tempat tidur. 

Sebab memperhitungkan beban kendaraan, penumpang dan untuk keselataman. Terlebih jika digunakan saat keadaan mobil berjalan akan sangat berbahaya. 

Dilansir Kompas.com, Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana juga menegaskan bahwa, perubahan kondisi kabin jadi tempat tidur sebaiknya tidak dilakukan. Sebab, dapat membuat efek yang lebih fatal apabila kendaraan terlibat kecelakaan.

Ia menyarankan, meski masih anak-anak, mereka tetap wajib duduk di jok kendaraan dengan baik dan benar menggunakan seat belt.

Apabila kabin diubah menjadi tempat tidur berjalan dan terjadi pengereman mendadak atau benturan, penumpang bisa terlempar karena tidak terikat dengan benar di jok baris kedua atau ketiga.

"Hal ini bisa menimbulkan risiko fatalitas yang berlebih apabila penumpang tidak duduk di jok tanpa menggunakan sabuk pengaman," ujarnya.

Baca juga: Viral, Foto Mobil Bertuliskan Batalyon Komando 464 Kopasgat Disebut Warganet Odong-odong Militer, Kendaraan Apa Itu?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com