Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Material Peti Mati dan Perhiasan Ratu Elizabeth II pada Pemakaman Hari Ini

Kompas.com - 19/09/2022, 13:45 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

Sumber Marca

KOMPAS.com - Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilaksanakan hari ini, Senin (19/9/2022), di Westminster Abbey, London.

Pemakaman itu dihadiri oleh ratusan pejabat asing, keluarga kerajaan, politisi, hingga sejumlah masyarakat yang terpilih.

Terdapat banyak hal yang menarik perhatian dunia terkait dengan tradisi pemakaman pemimpin terlama Kerajaan Inggris itu.

Dua di antaranya adalah peti mati yang digunakan Ratu Elizabeth II dan perhiasan yang ikut dikebumikan bersama jasad Ratu.

Lantas seperti apa detail peti mati dan ragam perhiasan milik Ratu Elizabeth yang dikebumikan hari ini?

Baca juga: Negara yang Tidak Diundang ke Pemakaman Ratu Elizabeth II, Mana Saja?


Peti mati dari kayu berlapis timah hitam

Peti mati Ratu Elizabeth II terbuat dari material kayu ek yang berlapis timah. Peti seperti ini sudah menjadi tradisi bagi Kerajaan Inggris.

Sebelumnya, mendiang suami Elizabeth II, Pangeran Philip yang meninggal setahun yang lalu juga menggunakan peti yang sama. Begitupun dengan Putri Diana, mantan isteri Raja Charles III yang meninggal pada 1997.

Menurut SAMAA, peti mati Ratu Elizabeth itu sudah dibuat sejak 32 tahun yang lalu. Kayu ek yang menjadi material utama peti tersebut merupakan kayu ek Inggris yang mulai langka.

Peti mati itu dirancang khusus untuk menyimpan perlengkapan berharga yang akan dikubur bersama Ratu Elizabeth II.

Selain itu, peti mati Ratu Elizabeth juga memiliki pegangan kuningan yang didesain secara unik untuk peti mati kerajaan.

Cucu-cucu Ratu Elizabeth II berjaga-jaga di sekitar peti mati Ratu Elizabeth II, terbungkus Standar Kerajaan dengan Mahkota Negara Kekaisaran dan bola dan tongkat kerajaan, tergeletak di catafalque di Westminster Hall, di Istana Westminster di London pada 17 September 2022, menjelang pemakamannya pada Senin.AFP PHOTO/AARON CHOWN Cucu-cucu Ratu Elizabeth II berjaga-jaga di sekitar peti mati Ratu Elizabeth II, terbungkus Standar Kerajaan dengan Mahkota Negara Kekaisaran dan bola dan tongkat kerajaan, tergeletak di catafalque di Westminster Hall, di Istana Westminster di London pada 17 September 2022, menjelang pemakamannya pada Senin.

Tak sampai di situ, peti mati Ratu Elizabeh II juga dilapisi dengan timah.

Dilansir dari Marca, timah hitam atau timbal dipilih menjadi pelapis peti mati Ratu Elizabeth II lantaran memiliki keistimewaan berupa memperlambat pembusukan mayat. Hal itu sesuai dengan keinginan Ratu Elizabeth II.

Lapisan timbal tersebut membuat peti mati Ratu Elizabeth II kedap udara sehingga mencegah masuknya uap air.

Namun, lapisan timbal itu membuat peti tersebut jauh lebih berat ketika diangkat. Peti mati Ratu Elizabeth membutuhkan delapan pengusung jenazah untuk memindahkannya.

Selama 10 hari sebelum pemakaman, peti itu mengangkut jasad Ratu Elizabeth II dan membawanya ke seluruh negeri.

Baca juga: Alasan Pangeran Andrew dan Pangeran Harry Bisa Kembali Pakai Seragam Militer Saat Jaga Peti Ratu Elizabeth II

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com