Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kebiasaan Unik Orang Cerdas, Apakah Anda Memilikinya?

Kompas.com - 11/06/2022, 14:15 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak ilmuwan telah mengamati perilaku-perilaku manusia untuk berbagai tujuan, salah satunya adalah mengetahui kebiasaan mereka yang dianugerahi kecerdasan berlebih.

Dari penelitian-penelitian itu, kita dapat mengetahui bahwa orang-orang dengan kecerdasan lebih dari yang lain ternyata memiliki beberapa kebiasaan unik.

Apa saja kebiasaan unik tersebut?

1. Meja berantakan

Dalam sebuah eksperimen dari University of Minnesota, orang-orang di lingkungan yang berantakan menghasilkan lebih banyak ide kreatif daripada mereka yang berada di tempat yang rapi, dikutip dari The Healthy.

"Lingkungan yang tidak teratur tampaknya menginspirasi untuk membebaskan diri dari tradisi, yang dapat menghasilkan wawasan baru," kata penulis studi, Kathleen Vohs, PhD.

"Sebaliknya, lingkungan yang teratur mendorong konvensi dan bermain aman," sambungnya.

Baca juga: Apakah Orangtua dengan IQ Biasa Saja Bisa Memiliki Anak yang Cerdas?

2. Begadang

Meski tidak baik untuk kesehatan, sebuah studi dari London School of Economics and Political Science menemukan bahwa orang yang cenderung tidur lebih lambat memiliki IQ lebih tinggi.

Penulis percaya bahwa ini merupakan buah dari evolusi.

Malam hari, dulunya merupakan tempat yang lebih berbahaya daripada siang hari. Karena itu, nenek moyang yang menjelajah di malam hari harus lebih waspada.

Tetap terjaga hingga larut malam biasanya berujung menemukan ide baru yang menarik bagi pikiran yang ingin tahu. Beberapa orang juga suka bangun larut malam untuk berpikir dan menyelesaikan pekerjaan tanpa gangguan.

Ilustrasi begadangDragonImages Ilustrasi begadang

3. Suka mandi air dingin

Meskipun belum banyak informasi ilmiah tentang hal ini, tapi penulis sebuah sudi di Finlandia menemukan, adaptasi terhadap air dingin dikaitkan dengan penurunan ketegangan, kelelahan yang signifikan, dan peningkatan suasana hati.

Karenanya, renang di musim dingin biasa dilakukan beberapa orang. Sebab, aktivitas tersebut dapat meningkatkan fungsi dan produktivitas otak.

Baca juga: Benarkah Lumba-lumba Hewan Cerdas? Siswa, Ini Lho Penjelasannya

3. Kerap terganggu suara orang mengunyah

Pernahkah Anda merasa terganggu dengan hal-hal kecil seperti suara orang yang mengunyah? Jika iya, bisa jadi itu pertanda Anda termasuk golongan cerdas.

Sebuah studi dari Northwestern University menemukan, orang-orang yang diuji dengan kognisi kreatif yang tinggi cenderung memiliki ketidakmampuan untuk menyaring informasi sensorik yang tidak relevan.

Peneliti menduga, ini mungkin berhubungan dengan alasan yang sama dengan orang pintar yang cenderung begadang, yaitu suka bekerja tanpa gangguan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com