Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Aksi Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika, Siapakah Sosoknya?

Kompas.com - 20/03/2022, 11:31 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebuah unggahan video menampilkan aksi seseorang yang disebut pawang hujan di sirkuit Mandalika, viral di media sosial TikTok.

Dalam unggahan yang viral tersebut, dia terlihat berjalan di sekitar sirkuit Mandalika sembari berteriak dan menggerakkan tangannya.

Salah satu unggahan tersebut diunggah oleh akun ini.

“Namanya Mbak Rara, pawang hujan. Sudah basah kuyup dia. Woh, keluar matahari, mantap-mantap. Semangat mbak,” ujar seseorang dalam video tersebut.

Hingga kini unggahan tersebut telah disukai lebih dari 238,7 ribu pengguna dan mendapatkan lebih dari 10,7 ribu komentar. 

Sebagian netizen setuju dengan adanya pawang hujan. Sementara yang lain kurang sepakat adanya penggunaan pawang hujan di gelaran MotoGP 2022 tersebut.

Lantas, siapakah sosok yang disebut sebagai pawang hujan di sirkuit Mandalika tersebut?

Baca juga: Pawang Hujan Sirkuit Mandalika: Pramugari Event yang Dukung MotoGP Indonesia

Siapa sosok pawang hujan di sirkuit Mandalika?

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (20/3/2022), sosok yang disebut pawang hujan Mandalika tersebut adalah seorang wanita bernama Rara Istiani Wulandari.

Rara saat ditemui tim Kompas.com mengklaim bahwa dirinya adalah salah satu tim yang direkomendasikan untuk melakukan modifikasi cuaca dengan kekuatan doa.

"Saya sebagai tim doa pawang hujan yang direkomendasikan Pak Erick Thohir (Menteri BUMN) dan sering mengawal event-nya Presiden Jokowi dan event kenegaraan lain, bersama dengan tim ITDC dan Pak Hadi Tjahjanto sebagai koodinator lapangan melakukan modifikasi cuaca dengan kekuatan doa," ujarnya.

Tak seperti pawang hujan yang biasanya diminta mencegah datangnya hujan, ia mengklaim dirinya diminta untuk menurunkan suhu, agar lembap dan sejuk dengan adanya sedikit hujan.

"Ini harus diawali doa. Kalau di sana (memanggil panas) es batu cair, yang ini (memanggil dingin) es batu ditaruh sudah lama tidak cair-cair," ucapnya.

Rara berharap bisa membuat cuaca pada balapan hari Minggu tak akan seterik siang hari saat berada di sekitar Kompleks Sirkuit Mandalika dalam sepekan terakhir.

"Yang penting tidak banjir seperti di WSBK. Sekali lagi, ini kan ikhtiar alternatif bahwa Indonesia punya sesuatu yang luar biasa," ujarnya.

Baca juga: Cerita Pawang Hujan Sirkuit Mandalika, Bukan buat Usir Hujan tapi Datangkan Hujan

Sosok Rara mengaku telah mulai memantau Sirkuit Mandalika sejak 1 Maret secara jarak jauh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com