Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Masih Kekurangan Obat Covid-19, Begini Cara Cek Stoknya

Kompas.com - 17/07/2021, 19:10 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Indonesia masih kekurangan stok obat Remdesivir dan Actemrea untuk pengobatan Covid-19.

Hal tersebut karena kebutuhan kedua obat tersebut melonjak seiring dengan menyusul tingginya pasien yang terinfeksi virus corona beberapa bulan terakhir.

"Obat ini tadi hanya Remdesivir yang kurang dan tadi Actemra," kata Luhut dikutip dari Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Selain itu, Menurut Menkes Budi Gunadi Saadikin, obat-obatan impor seperti Remdesivir dan Actemra memang tengah menjadi rebutan di beberapa negara yang juga terinfeksi Covid-19.

Namun, ia meminta masyarakat tak khawatir karena pemerintah mendapatkan jatah impor sekitar 150.000 vial untuk Remdesivir.

"Yang akan masuk secara bertahap mulai minggu ini, dan Actemra kita juga sudah dapat jatahnya sekitar 3.000 tetapi memang jumlahnya lebih terbatas," ujarnya.

Baca juga: Luhut Akui RI Masih Kekurangan Stok Obat Remdesivir dan Actemra untuk Pasien Covid-19

Pasien Covid-19 yang menjalankan isolasi mandiri dan mendapatkan resep obat dari dokter dapat membeli sejumlah obat tersebut.

Aplikasi Farma Plus dapat digunakan masyarakat untuk memudahkan dalam mengecek ketersediaan obat-obatan selama pandemi Covid-19.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian kesehatan Arianti Anaya mengatakan aplikasi tersebut diluncurkan untuk membantu masyarakat mengetahui stok obat yang dibutuhkan dan lokasi penjualan yang tersedia.

"Kementerian Kesehatan telah membuat satu aplikasi yang disebut aplikasi Farma Plus di mana ketersediaan obat di apotik dapat diakses oleh masyarakat," kata Arianti Anaya, Sabtu (10/7/2021).

Baca juga: Cara Cek Stok Obat Covid-19 Melalui Link Berikut...

Berikut ini cara mengecek ketersediaan obat Covid-19:

1. Dapat diakses melalui aplikasi Farma Plus

2. Ketersediaan obat-obatan dapat diakses melalui laman https://farmaplus.kemkes.go.id/ dengan 6 jenis obat yang tersedia di 4.444 apotek seluruh Indonesia.

Dalam laman tersebut dapat dilihat jumlah ketersediaan obat antara lain Azithromycin, Favipiravir, Ivermectin, Oseltamivir, Remdesivir, dan Tocilizumab.

Cara mengetahui lokasi ketersediaan obat yaitu dengan memilih jenis obat, provinsi dan kabupaten/kota tempat tinggal.

Setelah itu lokasi alamat beberapa apotek yang menyediakan obat yang dicari akan muncul.

Baca juga: Cara Cek Stok Obat Covid-19 Secara Online Berikut Link-nya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com