Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Evakuasi 13 Anggota Klub Wild Boars dari Gua Tham Luang Thailand

Kompas.com - 10/07/2021, 09:10 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

Sumber BBC,History

KOMPAS.com - Hari ini tiga tahun lalu, tepatnya pada 10 Juli 2018, seluruh anggota klub sepak bola anak-anak Thailand yang terjebak di gua Tham Luang berhasil dievakuasi.

Melansir History, upaya penyelamatan 12 anak-anak anggota klub sepak bola Wild Boars dan seorang pelatihnya itu menyita perhatian dunia selama lebih dari dua pekan.

Terjebak di gua

Insiden itu bermula pada 23 Juni 2018, ketika pelatih Ekkapol Chantawong (25) mengajak 12 anak didiknya yang berusia 11-16 tahun untuk menyusuri gua Tham Luang.

Kegiatan itu awalnya direncanakan sebagai tur singkat setelah latihan. Namun tanpa mereka sadari, hujan deras yang turun membuat mulut gua dibanjiri air dan lumpur.

Banjir menjebak 13 orang itu di dalam gua. Selama berhari-hari, mereka bertahan hidup dalam gua, tanpa makanan dan oksigen yang semakin menipis.

Baca juga: Ron Howard Garap Film Dokumenter Penyelamatan Tim Sepak Bola Thailand dari Gua Tham Luang

Pada 2 Juli 2018, setelah sembilan hari upaya pencarian gabungan, dua orang relawan asal Inggris berhasil menemukan 13 orang yang terjebak itu.

Anggota klub Wild Boars dan pelatihnya ditemukan di lokasi berjarak sekitar 2,5 mil atau 4 kilometer dari mulut gua, dalam keadaan kelaparan, kelelahan, dan kekurangan oksigen.

Penemuan itu memberi secercah harapan. Sejak saat itu, gabungan regu penyelamat memulai upaya dramatis untuk menyelamatkan 13 orang yang terjebak di gua Tham Luang.

Dua belas remaja dan pelatih sepak bola ''Wild Boars'' yang berhasil diselamatkan setelah terjebak di dalam goa di Thailand, hadir dalam konferensi pers di Chiang Rai, Thailand, Rabu (18/7/2018).AFP PHOTO/LILLIAN SUWANRUMPHA Dua belas remaja dan pelatih sepak bola ''Wild Boars'' yang berhasil diselamatkan setelah terjebak di dalam goa di Thailand, hadir dalam konferensi pers di Chiang Rai, Thailand, Rabu (18/7/2018).

Penyelamatan yang sulit

Melansir BBC, pada 7 Juli 2018, otoritas Thailand memulai upaya evakuasi terhadap 13 orang yang terjebak di dalam gua Tham Luang.

Keputusan untuk segera mengevakuasi korban yang terjebak itu diambil, setelah adanya informasi dari warga setempat bahwa gua Tham Luang akan sepenuhnya dibanjiri air.

Menurut warga setempat, fenomena banjir itu merupakan fenomena tahunan, dan selalu terjadi sekitar 10 Juli.

Upaya evakuasi, yang hingga kini masih sulit dipercaya berhasil dilakukan itu, melibatkan hampir 100 penyelam Thailand dan asing.

Baca juga: Sutradara Free Solo Bakal Garap Film Penyelamatan Tim Sepakbola Thailand dari Gua Tham Luang

Rute evakuasi dibagi menjadi dua bagian.

Rute pertama dimulai dari lokasi anak-anak dan pelatih itu berada hingga ke tengah bagian gua.

Tim penyelamat harus berjalan berjam-jam melewati perairan gelap gulita yang dinginnya menusuk tulang.

Mereka meraba-raba jalan mereka dengan tali pemandu. Kadang-kadang mereka harus melalui bagian gua yang sangat sempit, yang hanya bisa dilewati satu per satu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com