Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Daging Empuk, Cukup Pakai Bahan Alami

Kompas.com - 10/07/2021, 08:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Momen Hari Raya Idul Adha cukup identik dengan kuliner menu olahan daging sapi atau kambing. Sebut saja sate kambing, kambing guling, hingga rendang sapi.

Agar masakan-masakan tersebut terasa lezat, daging sapi atau kambing yang dimasak haruslah empuk.

Cara membuat daging empuk tidaklah terlalu sulit. Selain bisa menggunakan bahan-bahan alami, yang perlu diperhatikan adalah teknik memotongnya.

Baca juga: Bagian Daging Sapi yang Cocok untuk Dimasak Empal

Dikutip dari buku “Olahan Spesial Sapi & Kambing” (2012) oleh OCTAVIYANTI SITOMPUL , RN Superchef terbitan Galang Press Media Utama, ada lima cara yang bisa digunakan untuk membuat daging empuk.

Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Bungkus daging dengan daun pepaya

Untuk membuat daging empuk, kamu bisa memanfaatkan daun pepaya. Untuk diketahui daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa melunakkan daging.

Caranya adalah dengan membungkus rapat-rapat daging dengan daun pepaya. Jika ingin hasil yang jauh lebih maksimal, kamu bisa memarkan lebih dulu tulang daun pepaya yang akan digunakan.

Kemudian bungkus daging dengan daun pepaya dan diamkan selama 1 jam. Gunakan daging yang masih utuh atau belum dipotong-potong, supaya daging bisa lebih lunak secara keseluruhan.

2. Gunakan buah nanas

Selain daun pepaya, bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk membuat daging empuk adalah buah nanas.

Cara membuat daging menjadi empuk dengan buah nanas adalah dengan Memarinasinya. Pasalnya nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi membuat bahan makanan seperti daging menjadi basah dan lunak.

Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah potong-potong daging terlebih dahulu, lalu cuci hingga bersih.

Kemudian parut buah nanas secukupnya dan lumurkan secara merata ke seluruh bagian daging. Diamkan sebentar, lalu rebus daging bersama parutan nanas dengan air biasa hingga mendidih. Setelah itu, daging pun siap diolah.

Jangan terlalu lama saat memarinasi daging sebab nanas memiliki kandungan asam yang tinggi. Bisa membuat daging hancur dan sangat mudah terurai.

Baca juga: Fakta Nutrisi Daging Kambing

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com