Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penasaran Mengapa Anjing Suka Makan Rumput? Ini Alasannya

Kompas.com - 10/06/2021, 20:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Seperti kambing, anjing suka suka makan rumput. Di sela-sela kegiatan bermainnya, anjing akan mengunyah rumput kemudian tak lama kemudian akan memuntahkannya.

Anjing yang seperti ini bukan anjing yang mengidap kelainan aneh. Menurut data penelitian, hampir 80 persen anjing akan makan rumput jika memang di sekitarnya terhidang pekarangan yang berumput.

Dilansir dari Insider, meski peneliti belum menemukan penyebab pasti dari kebiasaan anjing ini, namun mereka menduga bahwa keinginan anjing makan rumput berhubungan dengan kebutuhan anjing untuk meredakan anxiety atau kegelisahan.

Selain itu, ada dugaan pula bahwa anjing makan rumput untuk mengusir gangguan cacing di saluran cernanya.

Kebiasaan anjing makan rumput memang bukan hal yang harus diwaspadai. Kecuali anjing terlihat mengonsumsi rumput terlalu banyak hingga ia juga muntah terlalu banyak, maka sudah saatnya Anda pergi mengunjungi dokter hewan untuk berkonsultasi.

Berikut ini 6 alasan mengapa anjing jadi suka mengonsumsi rumput:

Baca juga: Waspada, Ini Tanda Anjing dan Kucing Mulai Berkutu

1. Kekurangan serat

Ilustrasi anjing. PIXABAY/BIRGL Ilustrasi anjing.
Salah satu alasan anjing makan rumput bisa jadi adalah karena anjing kekurangan serat. Sehingga anjing mencari sumber serat yang paling dekat dengan tubuhnya.

Rumput sendiri menyediakan berbagai nutrisi penting yang tak tersedia dalam makanan kemasan khusus untuk anjing. 

Menurut penelitian, sejumlah anjing akan berhenti mengudap rumput ketika pemiliknya memberikan cukup banyak nutrisi serat.

Kekurangan serat pada anjing bisa ditandai dengan gejala diare, konstipasi, obesitas, atau penyumbatan kantung anus yang menyebabkan anjing menggesek-gesekkan anusnya ke lantai atau karpet.

Baca juga: Mengenal Andro, Anjing Pelacak yang Gagalkan Penyelundupan 17 Kg Sabu

2. Sakit perut

Anjing juga bisa sakit perut. Ketika makan rumput yang tinggi serat, makanan bisa dicerna lebih lancar di dalam tubuh anjing. Rumput juga bisa mengurangi asam lambung yang menyebabkan sensasi tak enak dalam tubuh.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang menyebut rumput memiliki peptin, zat yang bisa mengurangi asam lambung pada manusia.

Selain makan rumput, gejala lain anjing sakit perut bisa berupa diare, menjilat-jilat bibirnya tanpa sebab, tak selera makan, menelan air liur berkali-kali.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com