Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Anjing Pintar Pemeran Film Tenar Sepanjang Abad

Kompas.com - 29/03/2021, 20:45 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Para penyayang anjing dan penyayang binatang pada umumnya, pasti selalu tergoda untuk menonton film yang isinya persahabatan seekor anjing dengan manusia.

Beberapa film ada yang mendatangkan kebahagiaan dan juga tawa. Namun ada pula yang membuat kita menyusut air mata. 

Meski begitu, film yang memiliki alur sedih ini justru seringnya meledak di pasaran. Salah satunya adalah Hachiko: A Dog's Story, yang dirilis tahun 2009. 

Film yang dibintangi oleh Richard Gere ini menceritakan tentang seekor anjing peliharaan yang setia menunggu tuannya di sebuah stasiun kereta api.

Sejak pertengahan 2009 hingga 2010, film ini sudah dirilis lebih dari 20 negara. Di akhir 2020, Box Office Mojo mengumumkan bahwa pendapatan kotor film ini sudah lebih dari 41 juta dollar Amerika.

Banyak sekali bertebaran film yang menceritakan soal anjing. Tentu saja, magnet dalam film-film ini terletak pada tokoh utamanya, para anjing yang sudah terlatih untuk bisa bermain film.

Baca juga: Berapa Lama Usia Hidup Anjing? Ini Penjelasannya

Berikut ini adalah beberapa aktor film anjing terbaik yang ada dalam satu abad terakhir, seperti dilansir dari Reader's Digest:

Rin Tin Tin (1920)

Rin Tin Tin adalah anjing ras gembala jerman yang lahir September 1918 di Friley, Perancis. Pemiliknya, adalah seorang tentara Amerika bernama Lee Duncan yang menyelamatkannya dari kemelut perang dunia.

Rin Tin TinNewyorktimes Rin Tin Tin

Melihat respon cerdas Rin Tin Tin ketika diajak bicara atau diperintah, Duncan pun melatihnya dengan intens. Hingga Rin Tin Tin ditarik bermain film dan sukses membintangi beberapa film bisu di masanya.

Film pertama Rin Tin Tin adalah When The North Begins yang dibuat tahun 1923. Kemudian disambung film The Clash of The Wolves di tahun 1925, yang menuntut Rin Tin Tin harus ekstra berperan dalam adegan-adegan fisik cukup sulit.

Baca juga: Jadwal Terbaru Deretan Film DC Comics, dari Black Adam hingga Aquaman 2

Lassie (1943) 

Semenjak Lassie tenar di tahun 1940, nama Lassie pun melekat erat pada binatang peliharaan anjing.

Lassie membintangi film pertamanya berjudul Lassie Come Home pada tahun 1943. Pemeran Lassie sendiri sebenarnya bernama Pal, seekor anjing Collie yang ramah dan pintar karena sudah dilatih lama.

Karena tenar bermain dalam film tersebut, Pal pun lebih sering disapa Lassie ketimbang nama aslinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com