Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cegah Embun Kaca Mobil dengan Pasir Kucing dan Tembakau

Kompas.com - 28/03/2021, 16:10 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Ketika suhu di luar mobil lebih dingin daripada suhu di dalam kabin, maka kaca mobil rawan berembun atau berkabut.

Begitu juga sebaliknya. Jika suhu di luar panas, namun di dalam kabin menggunakan AC yang terlampau dingin, maka kaca juga akan rawan berembun.

Embun terjadi jika ada pertemuan dua suhu, dingin dan panas. Jadi kaca berembun tidak hanya terjadi di musim penghujan saja, tapi juga bisa terjadi di musim kemarau yang sangat panas.

Kaca berembun tentu saja menyusahkan haluan si pengemudi. Terkadang, pengaturan AC saja tidak cukup untuk menghalau embun pergi.

Baca juga: Ingat, Jangan Terlalu Sering Pakai Anti Jamur untuk Kaca Mobil

Menghilangkan embun di cuaca panas

Jika udara di luar kabin lebih panas daripada di dalam kabin, Anda bisa mengatur setelan AC agar embun tak datang dan menempel di kaca depan.

Caranya, sedikit naikkan suhu AC, jangan diatur di suhu paling dingin. Biarkan suhu di luar dan di dalam memiliki perbedaan yang tak terlalu jauh.

Atau, buka jendela, dan biarkan udara luar masuk selama beberapa menit. Dengan cara ini, suhu di dalam kabin jadi tak terlalu dingin.

Embun di cuaca panas seringnya terjadi di kaca bagian luar. Nah, untuk menghilangkannya, Anda bisa menghapusnya dengan menyalakan wiper.

Baca juga: Profil Penemu Wiper Mobil: Mary Anderson

Menghilangkan embun di cuaca dingin

Jika embun kaca terjadi karena cuaca di luar mobil lebih dingin, maka nyalakan AC dan atur di suhu paling dingin agar perbedaan suhu di dalam dan di luar tak terlalu kentara.

Nyalakan juga kipas agar suhu dingin makin tercipta di dalam kabin. Meski dengan cara ini Anda harus rela menggigil selama beberapa saat.

Stabilkan kembali AC di pengaturan yang paling Anda inginkan jika kabut atau embun sudah hilang dari kaca.

Mencegah kaca berembun

Agar Anda tak kerepotan menghilangkan embun di kaca mobil, ada baiknya melakukan beberapa langkah pencegahan yang sederhana namun efisien ini.

1. Gunakan pasir kucing yang terbuat dari silica

Dalam laman Wikihow, Anda bisa mencegah embun kaca dengan menggunakan pasir silica milik kucing kesayangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com