Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Covid-19 Disebutkan Akan Tersedia pada Akhir Tahun Ini, Benarkah?

Kompas.com - 07/10/2020, 16:50 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada kemungkinan vaksin Covid-19 akan tersedia pada akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, Selasa (6/10/2020), seperti dilansir dari Channel News Asia.

Tedros menyerukan solidaritas dan komitmen politik dari semua pemimpin negara untuk memastikan vaksin terbagi rata ketika tersedia.

"Kami butuh vaksin dan ada harapan akhir tahun ini sudah ada vaksin. Ada harapan," kata Tedros.

Baca juga: Saat WHO Peringatkan tentang Bahaya Nasionalisme Vaksin...

Sembilan vaksin eksperimental sedang dalam proses pembangunan fasilitas vaksin global Covax WHO yang bertujuan untuk mendistribusikan 2 miliar dosis pada akhir 2021.

Pertemuan dewan selama dua hari yang membahas tanggapan global terhadap pandemi, mendengar seruan dari negara-negara termasuk Jerman, Inggris dan Australia untuk reformasi guna memperkuat badan PBB tersebut.

Tiga panel independen yang meninjau kinerja WHO termasuk Peraturan Kesehatan Internasional 2005 yang menetapkan pedoman tentang pembatasan perdagangan dan perjalanan yang diberlakukan selama keadaan darurat kesehatan, memberikan pembaruan tentang pekerjaan mereka.

Baca juga: Sinovac Optimistis Vaksin Virus Corona Siap Awal 2021

Infeksi Covid-19

Dalam foto yang diambil pada Senin, 1 Juni 2020, Pastor Vasily Gelevan, mengenakan setelan biohazard dan sarung tangan untuk melindungi diri dari virus corona. Dia tampak berbicara kepada Lyudmila Polyak (86), yang diduga terinfeksi virus corona, di apartemennya di Moskwa , Rusia. Selain tugas rutinnya sebagai imam Ortodoks Rusia, Pastor Vasily mengunjungi orang-orang yang terinfeksi Covid-19 di rumah dan rumah sakit merekaAP/Alexander Zemlianichenko Dalam foto yang diambil pada Senin, 1 Juni 2020, Pastor Vasily Gelevan, mengenakan setelan biohazard dan sarung tangan untuk melindungi diri dari virus corona. Dia tampak berbicara kepada Lyudmila Polyak (86), yang diduga terinfeksi virus corona, di apartemennya di Moskwa , Rusia. Selain tugas rutinnya sebagai imam Ortodoks Rusia, Pastor Vasily mengunjungi orang-orang yang terinfeksi Covid-19 di rumah dan rumah sakit mereka

Panel Independen untuk Kesiapsiagaan dan Respons Pandemi, yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clark dan mantan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf, bertemu untuk pertama kalinya bulan lalu.

"Kami berharap mendapat pelajaran nyata yang bisa kami terapkan dan mencegah hal yang sama terjadi," kata Tedros.

"Tetapi saya ingin meyakinkan Anda bahwa WHO siap untuk belajar dari ini dan mengubah organisasi ini. Selama transformasi, kami berjanji akan terus berubah secara konstan," ujarnya mengacu pada programnya sejak menjabat pada 2017.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Inovio dari Amerika Dihentikan Sementara, Apa Penyebabnya?

Sebelumnya, WHO menyatakan bahwa sekitar 1 dari 10 orang mungkin telah terinfeksi Covid-19.

Hal ini membuat sebagian besar populasi dunia rentan terhadap penyakit Covid-19 yang disebabkan virus mematikan ini.

Seperti dilansir AP, Selasa (6/10/2020), pakar urusan darurat WHO, Mike Ryan, menyebut bahwa wabah corona melonjak di beberapa negara Asia Tenggara, juga meningkat di beberapa bagian kawasan Eropa dan Mediterania Timur.

Baca juga: 3 Tanaman Hias yang Harganya Melonjak di Tengah Pandemi Covid-19, Apa Saja?

"Perkiraan terbaik kami saat ini memberi tahu kami bahwa sekitar 10 persen populasi global mungkin telah terinfeksi virus ini," cetus Ryan dalam pernyataannya kepada Badan Eksekutif WHO.

"Ini bergantung masing-masing negara, bervariasi dari perkotaan ke pedesaan, bervariasi tergantung pada kelompok-kelompok. Tetapi yang dimaksud adalah sebagian besar dunia masih tetap berisiko (terinfeksi Covid-19)," imbuhnya.

"Kita sekarang menuju ke masa sulit. Penyakit ini terus menyebar," tegas Ryan.

Baca juga: Ini 5 Kelompok Masyarakat yang Diprioritaskan Mendapat Vaksin Covid-19

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Daftar Prioritas Penerima Vaksin Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com