Vaksin Covid-19 Inovio dari Amerika Dihentikan Sementara, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 01/10/2020, 14:31 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19 ShutterstockIlustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Uji coba tahap tengah hingga akhir vaksin dari perusahaan Inovio Pharmaceuticals Inc. dihentikan sementara pada Senin (28/9/2020).

Dilansir Reuters, Senin (28/9/2020), regulator kesehatan AS telah menahan rencana Inovio untuk memulai uji coba terakhir dari vaksin virus corona.

Inovio mengatakan penundaan itu karena "penangguhan klinis parsial" dari FDA (BPOM AS) dan bukan karena efek samping dalam studi tahap awal vaksin.

Baca juga: Prioritas Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia Telah Disusun, Bagaimana Menurut Pedoman WHO?

Dikutip Business Insider, Senin (28/9/2020) uji coba itu akan berada dalam pemeriksaan klinis parsial sampai mereka bisa menjawab pertanyaan FDA secara memadai tentang uji coba dan perangkat pengiriman yang akan digunakan di dalamnya.

Inovio mengatakan pihaknya berencana untuk menjawab pertanyaan tersebut pada Oktober.

Setelah berhasil menjawab, FDA memiliki waktu 30 hari untuk memutuskan apakah uji klinis dapat dilanjutkan. Sementara itu, studi fase satu Inovio masih berlangsung.

"Tidak ada jaminan bahwa Inovio akan mendapatkan izin dari FDA untuk memulai uji coba setelah mendapat kabar dari agensi pada November," kata analis Piper Sandler Christopher Raymond.

Baca juga: Saat WHO Peringatkan tentang Bahaya Nasionalisme Vaksin...

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X