Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Museum-museum di AS Mulai Mengumpulkan Jejak Pandemi Covid-19

Kompas.com - 14/07/2020, 08:00 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi virus corona tahun 2020 ini besar kemungkinan akan dikenang sebagai peristiwa besar di kemudian hari. 

Buktinya, organisasi arsip dan museum di seluruh Amerika Serikat telah melakukan pencarian baru untuk mendokumentasikan krisis wabah virus corona dalam hari-hari ini. 

Tanda-tanda penutupan bisnis, kartu ucapan terima kasih kepada tenaga kesehatan, alat uji, semua bisa memberi cerita tersendiri.

Beberapa lembaga telah membuat pengumuman kepada publik mengenai rencana ini.

The Smithsonian's National Museum of American History, Washington telah membentuk satuan tugas untuk mendokumentasikan peristiwa ilmiah dan medis serta dampak dalam bisnis, politik, dan budaya selama pandemi. 

Museum Autry di Los Angeles juga telah memulai untuk mengumpulkan gambar, Museum Dunn di Chicago sedang mengumpulkan cerita dan gambar, sementara Museum Sloan di Michigan mengumpulkan jurnal, seni, dan video.

"Apa yang membuatnya menantang adalah kita masih di tengah-tengah pandemi," kata Melissa Marinaro dari Heinz History Center, Pittsburgh, dilansir dari SCMP, Senin (13/7/2020).

"Kami mendapat banyak kiriman jurnal dan buku harian, sementara seniman telah mengirim sketsa, lukisan, dan gambar," sambungnya.

Mendokumentasikan pandemi

Satu tantangan besar dalam mendokumentasikan pandemi ini adalah tak ada banyak artefak fisik yang berbeda dibandingkan dengan jumlah yang dihasilkan oleh bencana atau konflik lain.

Perang Dunia Kedua menghasilkan jutaan keping artefak yang berbeda, termasuk seragam, senjata, lencana, helm, peta, dan medali di lebih dari 30 negara.

Kesulitan lainnya adalah tidak ada titik pusat yang mendefinisikan pandemi Covid-19, seperti peristiwa sejarah lain.

Orang-orang dapat berjalan di ladang Gettysburg di Pennsylvania atau pantai-pantai Normandia di Perancis untuk merasakan bagaimana sejarah terungkap. Akan tetapi, tak ada lokasi spesifik untuk bencana Covid-19 kali ini.

Baca juga: Mengenal 4 Metode Pooling Test Covid-19, Disebut Bisa Hemat Waktu dan Uang

Materi digital

College of Physicians of Philadelphia, induk dari Mutter Museum dan Historical Medical Library, bekerja untuk mendokumentasikan dan menyimpan materi digital tentang bagaimana anggota dan rekannya merespons wabah tersebut.

Pada akhirnya, proyek tersebut akan menunjukkan bagaimana sebuah institusi yang didedikasikan untuk usaha medis, bereaksi terhadap krisis.

Tantangan bagi kurator adalah memprediksi sesuatu yang akan menjadi berarti pada seratus tahun mendatang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com