Gelombang IV Kartu Prakerja Dibuka Akhir Juli, Ini Jumlah Kuota Pesertanya

Kompas.com - 13/07/2020, 20:17 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, (20/4). ANTARA FOTOWarga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, (20/4).

KOMPAS.com - Pemerintah akan membuka pendaftaran program Kartu Prakerja untuk gelombang IV mulai minggu ketiga atau keempat Juli 2020.

Melansir ANTARA, Senin (13/7/2020), Pembukaan gelombang keempat dilakukan setelah mendapatkan hasil verifikasi pelaksanaan gelombang 1-3 terkait pembayaran kepada lembaga pelatihan.

Dia menjelaskan verifikasi itu dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang saat ini sedang berjalan.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, jumlah kuota jumlah peserta yang mendapatkan Kartu Prakerja sebanyak 500 ribu peserta.

Peserta yang diprioritaskan mendapatkan Kartu Prakerja adalah pekerja terdampak yang telah disaring Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan atau white list sebanyak 1,7 juta orang.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital Ketenagakerjaan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kemenko Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin menambahkan, sebanyak 1,7 juta pekerja itu akan masuk bertahap mulai gelombang keempat dan seterusnya.

Rinciannya, sebanyak 1,7 juta kami prioritaskan 80 persen dalam batch 4 dan 5, sementara 20 persen berasal dari kalangan umum.

"Nanti akan dibalik, 20 persen yang prioritas kalau sudah makin sedikit, kemudian 80 persen untuk umum," kata dia.

Baca juga: Catat, Gelombang IV Kartu Prakerja Bakal Dibuka Pekan Depan

11 juta pendaftar

Sejak dibuka 11 April 2020, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mencatat sudah ada 11 juta pendaftar dari 513 kabupaten/kota di Indonesia. 

Selama gelombang pertama hingga ketiga, program Kartu Prakerja menerima 680 ribu peserta.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X