Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskriminasi Kasta Dalit di India

Kompas.com - 28/02/2024, 06:00 WIB
Ini Tanjung Tani,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sistem kasta berkembang di India pada tahun 2500 s.d 1500 SM. Saat itu bangsa Dravida yang tinggal di lembah Sungai Indus terdesak oleh bangsa Arya.

Mereka kemudian pindah ke arah selatan menuju dataran tinggi Dekkan. Bangsa Dravida yang tidak berpindah, membaur dan berasimilasi dengan bangsa Arya.

Percampuran antara bangsa Dravida dan Arya kemudian melahirkan agama Hindu.

Pada masa inilah masyarakat India terbagi menjadi beberapa kelompok lapisan masyarakat yaitu Brahmana, Ksatria, Waisya dan Sudra.

Baca juga: Pembagian Kasta dalam Masyarakat Hindu

Istilah kasta sendiri awalnya pertama kali digunakan oleh orang-orang Portugal untuk menunjukkan klasifikasi sosial di India.

Berasal dari kata “Casta” yang dalam bahasa Spanyol dan Portugis yang berarti kelas, ras, keturunan, golongan, pemisahan, tembok atau batas.

Istilah kasta sendiri dalam Kitab Veda disebut Warna. Sedangkan, pada Kitab Bhagavad Gita dikenal sebagai Catur Warna yang berarti pembagian masyarakat.

Dalam sistem kasta, status kehidupan sosial manusia ditetapkan sejak lahir dan tidak bisa diubah sampai kapanpun sehingga menjadikan kasta sebagai sistem yang tertutup.

Peran Kasta di India

Setiap kasta ini mempunyai tugas dan keistimewaan masing-masing. Brahmana yang mempunyai peran sebagai ahli agama dan penasehat dalam kerajaan.

Kasta Ksatria yang berperan di dalam pemerintahan, Waisya memiliki andil dalam perniagaan. Sudra merupakan kasta terendah menempati posisi sebagai petani dan buruh.

Golongan Sudra sendiri terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan Sudra yang sudah tercampur dengan bangsa Arya dan golongan orang yang lemah seperti gelandangan.

Baca juga: Sejarah Lahirnya Agama Hindu

Kasta Dalit

Di luar empat kasta tersebut, ada kasta lain bernama Dalit atau orang-orang yang tak tersentuh (untouchtable). Jumlahnya mencapai 12,6 persen dari populasi di India pada tahun 2011.

Kaum Dalit merupakan kasta terendah setelah Sudra. Mereka sering mengalami kesenjangan, susah mendapatkan pekerjaan, dan sulit mengakses pendidikan.

Keberadaan orang Dalit sering tidak dianggap pada masyarakat tradisional India, bahkan mereka juga dilarang masuk kuil.

Dampak Diskriminasi

Adanya tradisi dan kebudayaan di India menjadikan sistem kasta ini masih bertahan sampai sekarang dan sulit untuk diubah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com