Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Nobel Perdamaian

Kompas.com - 14/11/2023, 18:00 WIB
Verelladevanka Adryamarthanino ,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nobel Perdamaian adalah salah satu dari lima hadiah yang dibuat oleh Alfred Nobel.

Sejak 1901, Nobel Perdamaian telah diberikan secara tahunan kepada orang-orang berjasa besar dalam upaya perdamaian antarnegara yang sedang berkonflik.

Sesuai dengan aturan yang dibuat oleh Alfred Nobel, penerima penghargaan Nobel Perdamaian akan lebih dulu dipilih oleh Komite Nobel Norwegia.

Komite Nobel Norwegia adalah komite lima anggota yang dipilih oleh Parlemen Norwegia.

Adapun orang pertama yang mendapat Nobel Perdamaian adalah Frederic Passy dari Perancis dan Jean Henry Dunant dari Swiss pada 1901.

Baca juga: Martti Ahtisaari, Presiden Finlandia yang Mendapat Nobel Perdamaian

Sejarah Nobel Perdamaian

Sejarah Nobel Perdamaian bermula dari surat wasiat milik Alfred Nobel pada 1896.

Alfred Nobel sendiri adalah seorang pebisnis asal Swedia.

Dalam surat wasiat itu disebutkan bahwa Hadiah Perdamaian akan diberikan kepada orang-orang yang sudah berjasa banyak untuk persaudaraan antarbangsa, penghapusan atau pengurangan tentara, dan penyelenggaraan kongres perdamaian.

Selain itu, Alfred Nobel juga menuliskan dalam surat wasiatnya bahwa seluruh sisa kekayaannya yang mencapai 31,5 juta mahkota Swedia akan diinvestasikan dalam surat berharga yang aman.

Lalu, Alfred Nobel juga mengharuskan agar bunga dari dana itu didistribusikan setiap tahun dalam bentuk hadiah kepada mereka yang selama tahun sebelumnya telah memberikan manfaat atau dampak besar bagi umat manusia.

Di dalam surat wasiat itu tertulis bidang apa saja yang harus diberikan hadiah, yaitu fisika, kimia, kedokteran atau fisiologi, dan perdamaian.

Tertulis juga kriteria-kriteria tertentu yang diterapkan oleh masing-masing komite Nobel Perdamaian ketika memilih penerima hadiahnya.

Mengacu pada surat wasiat tersebut, Hadiah Nobel Perdamaian akan diberikan kepada orang yang telah melakukan pekerjaan banyak dan terbaik untuk persaudaraan antarbangsa dan penghapusan atau pengurangan tentara serta pembentukan dan penyebaran kongres perdamaian.

Baca juga: Fridtjof Nansen, Penjelajah Penerima Nobel Perdamaian dari Norwegia

Siapa yang memberikan hadiah Nobel Perdamaian?

Surat wasiat Alfred Nobel menyatakan bahwa hadiah Nobel Perdamaian akan diberikan oleh komite yang terdiri dari lima orang terpilih oleh Komite Nobel Storting Norwegia (parlemen).

Komite tersebut dibentuk pada Agustus 1896.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com