Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monumen Pahlawan Pancasila Kentungan, Saksi G30S di Yogyakarta

Kompas.com - 02/10/2023, 17:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

KOMPAS.com - Monumen Pahlawan Pancasila merupakan monumen yang terletak di Kentungan untuk mengenang peristiwa G30S di Yogyakarta.

Secara administratif, monumen ini berada di Kentungan, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Di lokasi ini juga terdapat museum yang menyimpan bukti-bukti sejarah peristiwa G30S di Yogyakarta, termasuk lubang tempat dikuburnya Brigjen Katamso dan Letkol Sugiyono oleh para pelaku G30S.

Baca juga: Korban Peristiwa G30S di Yogyakarta

Sejarah Museum Monumen Pahlawan Pancasila

Peristiwa Gerakan 30 September (G30S) 1965 tidak hanya menewaskan para jenderal di Jakarta, tetapi juga di Yogyakarta.

Dua korban G30S di Yogyakarta yakni Brigadir Jenderal Katamso Darmokusumo, Komandan Korem 072 Kodam VII/Diponegoro, dan Kepala Staf Korem 072/Yogyakarta Letnan Kolonel Sugiyono Mangunwiyoto.

Brigjen Katamso dan Letkol Sugiyono diculik oleh para pendukung G30S di Jakarta, pada 1 Oktober 1965 sore hari.

Setelah diculik, mereka dibunuh dan jenazahnya baru ditemukan pada 21 Oktober 1965 di Kentungan, tepatnya di Markas Batalyon L (sekarang kompleks Batalyon Inf. 403).

Di lokasi penguburan Brigjen Katamso dan Letkol Sugiyono inilah dibangun Museum Monumen Pahlawan Pancasila.

Museum Monumen Pahlawan Pancasila diresmikan oleh Gubernur DIY KGPAA Paku Alam VIII pada 1 Oktober 1991.

Baca juga: Peristiwa G30S di Yogyakarta

Koleksi Museum Monumen Pahlawan Pancasila

Di Kompleks Museum Monumen Pahlawan Pancasila terdapat bangunan joglo yang memayungi lubang bekas tempat dikuburnya Brigjen Katamso dan Letkol Sugiyono oleh para pelaku G30S.

Bangunan Joglo ini "dijaga" oleh patung berukuran besar yang menggambarkan sosok Brigjen Katamso dan Letkol Sugiyono.

Lubang tempat menguburkan Brigjen Katamso dan Letkol Sugiyono pada saat peristiwa G30S di Yogyakarta yang kini berada di Museum Monumen Pahlawan Pancasila di Kentungan.budaya.jogjaprov.go.id Lubang tempat menguburkan Brigjen Katamso dan Letkol Sugiyono pada saat peristiwa G30S di Yogyakarta yang kini berada di Museum Monumen Pahlawan Pancasila di Kentungan.
Bangunan Joglo dan patung dikelilingi pagar berelief. Terdapat 12 relief yang menggambarkan adegan-adegan pada saat peristiwa G30S di Yogyakarta.

Selain bangunan joglo, terdapat gedung sebagai museum tempat penyimpanan berbagai koleksi seputar peristiwa G30S di Yogyakarta.

Koleksi yang dimaksud berupa replika benda-benda yang digunakan pada waktu peristiwa G30S di Yogyakarta, foto-foto terkait peristiwa G30S, patung setengah badan serta pakaian dinas dari Brigjen Katamso dan Letkol Sugiyono.

Di kompleks Museum Monumen Pahlawan Pancasila juga terdapat duplikat kendaraan yang digunakan untuk menculik Brigjen Katamso dan Letkol Sugiyono, serta kendaraan yang digunakan untuk mengangkut jenazah mereka ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com