Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Turunnya Perintah Ibadah Haji

Kompas.com - 27/06/2023, 09:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

KOMPAS.com - Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu, baik mampu dari segi biaya, fisik, dan waktu.

Ibadah haji hanya dapat dilaksanakan setahun sekali, tepatnya di bulan Dzulhijjah, dan di Tanah Suci Mekkah.

Kini, setiap tahunnya, jutaan umat Islam dari seluruh dunia datang ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji.

Lantas, kapan turunnya perintah haji untuk pertama kali?

Baca juga: Sejarah Ibadah Haji

Perintah haji turun pada masa Nabi Ibrahim

Perintah haji turun pada masa Nabi Ibrahim, tepatnya ketika Kakbah selesai dibangun.

Ketika Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menyelesaikan amanat dari Allah untuk membangun Kakbah, turunlah perintah untuk menyeru manusia melaksanakan ibadah haji ke Mekkah.

Hal itu sebagaimana disebutkan dalam Al Quran surat Al-Hajj ayat 27, yang artinya berbunyi, "Dan serula manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka datang dari segenap penjuru yang jauh."

Baca juga: Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail Membangun Kakbah

Imam Ath-Thabari meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa setelah mendapat perintah itu, Nabi Ibrahim berkata, "Wahai Tuhanku, suaraku tidak mampu memanggil hingga jauh."

"Serulah! Aku yang akan menyampaikan," jawab Allah.

Benar saja, ketika Nabi Ibrahim menyeru, semua makhluk yang ada di bumi dan langit mendengar seruannya.

Imam Ath-Thabari melengkapi kisahnya dengan riwayat bahwa Malaikat Jibril menemui Nabi Ibrahim pada hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah), lalu menunjukkan ritual-ritual haji.

Saat itulah ibadah haji pertama kali dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim.

Sementara itu, Ubaid bin Umair al-Laitsi berkata, "Riwayat yang sampai kepadaku mengatakan bahwa setelah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail meninggikan bangunan Kakbah hingga selesai, turunlah perintah untuk melaksanakan haji. Nabi Ibrahim kemudian menghadap ke Yaman dan menyeru manusia untuk beribahdah kepada Allah dan berhaji ke rumah-Nya. Kemudian terdengar jawaban, 'Labbaik allahumma labbaik'. Lalu Nabi Ibrahim menghadap ke barat untuk menyeru dan mendapatkan jawaban yang sama."

Baca juga: Haji Wada, Haji Pertama dan Terakhir Rasulullah

Sayangnya, seiring berjalannya waktu sepeninggal Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, tata cara dan tujuan ibadah haji banyak diubah oleh bangsa Arab.

Tradisi menyimpang masyarakat Arab jahiliyah baru berubah setelah datangnya Nabi Muhammad, nabi terakhir yang diutus Allah.

Pada masa Nabi Muhammad, semua ritual masyarakat Arab jahiliyah yang menyimpang dihapus dan tujuan haji yang sebenarnya, yakni menegakkan tauhid agar senantiasa tunduk dan patuh kepada Allah, kembali ditekankan.

Sebagian ahli menyebut bahwa ibadah haji disyariatkan pada tahun 6 Hijriah atau sekitar 627 Masehi.

Nabi Muhammad melaksanakan ibadah haji untuk pertama dan terakhir pada 9 Hijriah.

 

Referensi:

  • Al-Khartabuthli, Ali Husni. (2013). Sejarah Ka'bah: Kisah Rumah Suci yang Tak Lapuk Dimakan Zaman. Jakarta: Turos Khazanah Pustaka Islam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com