Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Kiper Sepak Bola, Pemain Paling Istimewa

Kompas.com - 03/12/2022, 23:00 WIB
Josephus Primus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kiper atau penjaga gawang adalah posisi penting di laga sepak bola.

Meskipun begitu, sejak kebudayaan China mrlahirkan olahraga sepak bola pada abad 2 Sebelum Masehi (SM), posisi kiper belum ada.

Baca juga: Prediksi Piala Dunia 2022: Kiper Persib Yakin Messi Vs Ronaldo di Final

Pasalnya, pada laga sepak bola yang disebut guju itu, gawang hanya berukuran kecil.

Inggris di abad ke-19 adalah tanah kelahiran sepak bola modern yang dikenal sampai sekarang.

Kala itu, posisi kiper sudah ada.

Pada Senin (3/10/2022) siang, penjaga gawang Arema FC Adilson Maringa berdoa dan tabur bunga untuk korban tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada pekan 11 Liga 1 2022-2023 usai laga Arema vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022) silam.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pada Senin (3/10/2022) siang, penjaga gawang Arema FC Adilson Maringa berdoa dan tabur bunga untuk korban tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada pekan 11 Liga 1 2022-2023 usai laga Arema vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022) silam.

Kiper

Pemain Timnas Indonesia Rabbani Tasnim berhadapan dengan penjaga gawang Hong Kong saat pertandingan Kualifikasi Piala Asia U20 2023 yang berakhir dengen skor 5-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (16/9/2022) malam.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Timnas Indonesia Rabbani Tasnim berhadapan dengan penjaga gawang Hong Kong saat pertandingan Kualifikasi Piala Asia U20 2023 yang berakhir dengen skor 5-1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (16/9/2022) malam.

Catatan mengenai kiper ada di laman gramedia.com, Grup Kompas Gramedia edisi 19 Maret 2017.

Kiper adalah posisi paling istimewa lantaran hanya kiper yang memakai sarung tangan.

Sementara, menurut tulisan di laman Kompas.com pada 20 September 2022, kiper memiliki keistimewaan gegara warna jersey yang dikenakan berbeda warna dengan pemain lain dalam satu tim.

Kiper Maroko, Yassine Bounou alias Bono kala beraksi menghadapi Kroasia dalam laga Grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, 23 November 2022. Bono tiba-tiba menghilang meski sempat terlihat menyanyikan lagu kebangsaan dalam laga Belgia vs Maroko di Stadion Al Thumama, 27 November 2022. (Photo by OZAN KOSE / AFP)AFP/OZAN KOSE Kiper Maroko, Yassine Bounou alias Bono kala beraksi menghadapi Kroasia dalam laga Grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, 23 November 2022. Bono tiba-tiba menghilang meski sempat terlihat menyanyikan lagu kebangsaan dalam laga Belgia vs Maroko di Stadion Al Thumama, 27 November 2022. (Photo by OZAN KOSE / AFP)

Kiper memiliki perlindungan fisik lebih bila dibandingkan pemain lainnya.

Wasit sepak bola memiliki kewenangan memberi perlindungan fisik lebih kepada kiper.

Kiper adalah pemain yang boleh menggunakan tangan untuk menangkis, memeluk, atau menangkap bola.

Kiper juga punya hak melakukan tendangan penalti selain dirinya juga wajib mencegah tendangan penalti lawan membobol gawangnya.

Penyerang Kroasia, Andrej Kramaric (kiri), gelandang Kroasia, Luka Modric (tengah) dan kiper Belgia, Thibaut Courtois, saat menunggu keputusan penalti dalam pertandingan Kroasia melawan Belgia pada matchday ketiga penyisihan Grup F Piala Dunia 2022 di Ahmad Bin Ali Stadium, All-Rayyan, Doha, Qatar, pada Kamis (1/12/2022). (Photo by JACK GUEZ / AFP)JACK GUEZ Penyerang Kroasia, Andrej Kramaric (kiri), gelandang Kroasia, Luka Modric (tengah) dan kiper Belgia, Thibaut Courtois, saat menunggu keputusan penalti dalam pertandingan Kroasia melawan Belgia pada matchday ketiga penyisihan Grup F Piala Dunia 2022 di Ahmad Bin Ali Stadium, All-Rayyan, Doha, Qatar, pada Kamis (1/12/2022). (Photo by JACK GUEZ / AFP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com