Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prasasti Jambu: Letak, Penemu, dan Isinya

Kompas.com - 25/07/2022, 17:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Kerajaan Tarumanegara merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu tertua di Nusantara yang berdiri pada awal Masehi.

Oleh karena itu, bukan hal mengherankan apabila tidak banyak sumber sejarah yang dapat dijadikan rujukan.

Sumber sejarah utama Kerajaan Tarumanegara adalah tujuh buah prasasti peninggalannya, salah satunya Prasasti Jambu atau Prasasti Pasir Koleangkak.

Letak Prasasti Jambu berada di atas sebuah bukit pasir Koleangkak, masuk ke dalam perkebunan karet Sadeng Djamboe, yang sekarang masuk wilayah Desa Parakan Muncang, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Penemu Prasasti Jambu adalah Jonathan Rigg, pada 1854. Berikut ini isi dari Prasasti Jambu.

Baca juga: 7 Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Isi Prasasti Jambu

Isi Prasasti Jambu terdiri dari dua baris tulisan dalam aksara Pallawa dan bahasa Sanskerta, yang dipahatkan pada sebuah batu cukup besar berbentuk menyerupai segitiga.

Berdasarkan bentuk huruf Pallawa yang digunakan, diduga prasasti ini dibuat pada abad ke-5.

Selain tulisan, pada Prasasti Jambu terpahat sepasang telapak kaki yang diduga milik Raja Purnawarman, yakni pembawa kejayaan Kerajaan Tarumanegara yang memerintah antara tahun 395-434.

Berikut ini isi Prasasti Jambu.

sriman=data krtajnyo narapatir=asamo yah pura tarumayam/ nama sri purnnavarmma pracura ri pusara bhedya bikhyatavarmmo/
tasyedam= pada vimbadvayam= arinagarotsadane nityadaksam/ bhaktanam yandripanam= bhavati sukhakaram salyabhutam ripunam//

Berikut ini terjemahan isi Prasasti Jambu.

"Gagah, mengagumkan, dan jujur terhadap tugasnya adalah pemimpin manusia yang tiada taranya-Yang Termashur Sri Purnnawarman-yang sekali waktu (memerintah) di Taruma, dan yang baju zirahnya terkenal tidak dapat ditembus senjata musuh. Ini adalah sepasang telapak kakinya yang senantiasa berhasil menggempur kota-kota musuh, hormat kepada para pangeran, tetapi merupakan duri dalam daging bagi musuh-musuhnya."

Baca juga: Kerajaan Tarumanegara: Raja-raja, Puncak Kejayaan, dan Peninggalan

Pada baris pertama prasasti ini dijumpai kata tarumayam, yang menurut JLA Brandes adalah nama kerajaan, yaitu Tarumanegara.

Secara keseluruhan, isi Prasasti Jambu memuji kebesaran Raja Purnawarman yang tercatat sejarah pernah membawa Kerajaan Tarumanegara menuju kejayaan.

Saat ini, Prasasti Jambu telah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya berdasarkan SK 204/M/2016 tanggal 26 Agustus 2016.

 

Referensi:

  • Poesponegoro, Marwati Djoened dan Nugroho Notosusanto (Eds). (2008). Sejarah Nasional Indonesia II: Zaman Kuno. Jakarta: Balai Pustaka.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com