Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Sambut Positif Penghapusan Regulasi U23 di Liga 1 2020

Kompas.com - 05/02/2020, 19:20 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menyambut baik perubahan regulasi di Liga 1 2020.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi mengubah regulasi untuk Liga 1 2020. Salah satu perubahan yang terjadi adalah dihapusnya aturan mengenai pemain U23.

Dalam tiga musim terakhir, setiap tim yang berlaga di strata tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia wajib mendaftarkan minimal tujuh pemain U23 dalam skuadnya.

Pada Liga 1 2017, setiap klub bahkan diwajibkan untuk memainkan sekurang-kurangnya tiga pemain U23 dalam pertandingan di kompetisi, dengan minimal bermain selama 45 menit.

Baca juga: Jadwal Persib Vs Persija dan Persebaya Vs Arema di Liga 1 2020

"Ini hal yang positif, keputusan yang bagus. Jadi sekarang pemain U23 tidak harus diwajibkan untuk kami kontrak," kata Robert.

"Mereka bisa bermain untuk klub lain, untuk melanjutkan perkembangan kemampuan mereka," kata dia di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (5/2/2020).

Penghapusan regulasi pemain U23 di Liga 1 2020 disebabkan aturan tersebut tidak menunjukkan dampak yang signifikan terhadap perkembangan pemain U23 Indonesia.

Pada kenyataannya, regulasi tersebut memang berjalan kurang efektif. Sebab, kebanyakan tim yang berlaga di Liga 1 hanya mendaftarkan tujuh pemain U23 tanpa memainkan mereka di kompetisi.

Oleh karena itu, khusus pemain U23, PT LIB akan mengadakan kompetisi khusus sebagai wadah bagi para pemain U23 Indonesia mengembangkan potensinya.

Baca juga: Menanti Brother Connection Zola-Beckham di Skuad Persib Bandung

Robert menyambut baik wacana tersebut. Menurut dia, proses pembinaan pemain muda memang tidak bisa dipaksakan. Menurut dia, memang harus ada wadah khusus bagi pemain muda untuk berkompetisi.

Setidaknya, dengan penghapusan pemain U23 ini, para pemain muda bisa lebih leluasa mencari pengalaman bermain di kompetisi strata bawah.

Robert mengatakan, cara tersebut akan jauh lebih efektif untuk mengembangkan potensi pemain muda di Indonesia.

"Ini bagus untuk talenta muda supaya mereka lebih dulu bermain di divisi dua setidaknya satu musim, atau bahkan di divisi tiga dan mereka akan berkembang," kata Robert.

"Karena tentu di sana mereka akan terus bermain dan ketika mereka siap, mereka bisa kembali ke tim utama, bagus," kata dia.

Baca juga: Tinggalkan Persib, Achmad Jufriyanto Resmi Gabung Bhayangkara FC

Belum pikirkan penambahan pemain

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com